Tingkatkan Kesiapsiagaan, Polda Kalteng Gelar Latihan Sispam Mako

Palangka Raya – Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) menggelar latihan Sistem Pengamanan (Sispam) Markas Komando (Mako), Jumat (9/12/2022) pagi.

Kegiatan latihan simulasi tersebut dipimpin Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si. diwakili Wakapolda Irjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, S.A.P., M.A. didampingi pejabat utama Polda Kalteng dan diikuti seluruh personel Polda Kalteng.

Wakapolda Kalteng melalui Kabidhumas Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H. menyampaikan bahwa latihan Sispam Mako ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam mengantisipasi segala ancaman gangguan keamanan yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Selain itu, latihan ini juga sebagai bentuk upaya dalam mengantisipasi kejadian darurat seperti serangan terorisme,” beber Kabidhumas.

Ia juga menerangkan, Sispam Mako ini dilakukan oleh seluruh personel Polda Kalteng, terdiri dari Brimob, Sabhara, Intel, Reskrim, Lantas dan personel Staf gabungan.

Latihan ini juga diawali dengan bunyi alarm stelling, sebagai tanda bahaya atau adanya ancaman terhadap Mako Polda Kalteng. Selanjutnya, dengan cepat seluruh personel segera menempati pos-pos (titik rawan) yang tersebar di seluruh Mako dengan kewaspadaan dan kesiapan penuh.

“Saya berharap dengan adanya latihan Sispam Mako ini, seluruh anggota dapat memiliki kesiapsiagaan tinggi dalam mengahadapi setiap ancaman dan gangguan, yang bisa saja datang sewaktu-waktu,” harap Kabidhumas. (adji/sam)