Kapolres Seruyan Mengecek Ruang Tahanan Untuk Pastikan Keamanan Dan Kesehatan Tahanan

Polres Seruyan jajaran Polda Kalteng – Untuk pastikan keamanan dan kesehatan tahanan di ruang tahanan, pagi ini Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H., S.I.K., M.Si. melakukan Sidak yaitu inspeksi mendadak. Kegiatan sidak untuk pengecekan kesiapsiagaan sarana dan prasarana serta personel yang sedang melaksanakan piket di Ruang Tahanan Mapolres Seruyan jalan Ahmad Yani Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Senin (07/02/2022)

Kapolres Seruyan AKBP Bayu Wicaksono, S.H.,S.I.K.,M.Si. menyampaikan “Kegiatan Pengecekan ruang tahanan selain untuk mengecek personel yang piket di ruang tahanan juga untuk memastikan ruang tahanan dalam keadaan aman. Dan petugas yang piket jaga tahanan agar selalu update daftar tahanan, pembagian kamar tahanan harus berdasarkan status tahanan agar tidak terjadi desak-desakan di dalam ruangan, petugas jaga juga harus lebih bertanggung jawab terutama masalah kondisi tahanan.”

Orang nomer satu di Polres Seruyan tersebut menambahkan “Guna mencegah terjadinya tindakan Tahanan melarikan diri dan pembobolan Sel Tahanan, maka petugas yang jaga harus mengecek CCTV secara rutin dan dilaksanakan secara berkala. Sehingga faktor penyebab dan pemicu Tahanan kabur dapat diminimalisir. Untuk yang piket agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap para Tahanan. Jangan sampai lengah, lakukan cek secara berkala.

Bayu panggilan akrab Kapolres Seruyan juga menambahkan “Pastikan kunci pintu sel Tahanan terkunci dengan baik dan benar. Apabila ada perkembangan yang memerlukan tindakan segera laporkan ke penjagaan induk agar segera ditangani. Jangan lupa pengawasan terhadap benda-benda membahayakan. Barang dan makanan yang berbahaya jangan sampai lolos masuk ke ruang tahanan,”

Tidak lupa juga Kapolres Seruyan mengingatkan para tahanan untuk selalu menjaga kebugaran tubuh dengan tetap berolah raga. Dan jangan lupa untuk terapkan protokol kesehatan demi kesehatan di masa Pandemi Covid 19 ini. Agar tahanan segera mengikuti vaksinasi untuk meningkatkan kekebalan kelompok (Herd Imunity). Dan jika ada tahanan yang merasakan kurang enak badan diharapkan untuk segera melapor diri kepada petugas jaga agar segera di panggil Dokes Polres Seruyan untuk dapat segera ditangani. Dan para tahanan harus selalu menjaga kebersihan ruangan tahanan , jangan lupa ibadah dan selalu berperilaku baik selama menjalani masa tahanan. pungkasnya. (As)