Penindakan Pengguna Kendaraan Di Bawah Umur

0
9

Kobar News, Pangkalan Bun – Polda Kalteng – Kegiatan patroli terus dilakukan personel Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Polda Kalteng, di bawah komando kanit Turjawali Ipda Agus Marsudiyanto. Patroli kali ini menemukan pengguna kendaraan di bawah umur. Sebab usia tersebut belum memenuhi syarat untuk mendapatakan Surat Izin Mengemudi (SIM) dari Kepolisian, Kamis pagi (10/6/2021)

Sebagai acuan, yakni Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angakutan jalan (LLAJ), pasal 77 ayat 1 menjelaskan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki SIM, sesuai dengan kendaraan yang di kemudikan.

Kanit Turjawali Ipda Agus Marsudiyanto menghimbau kepada orang tua agar tidak memberikan izin kepada anaknya yang masih di bawah 17 tahun dan tidak memiliki SIM untuk mengendarai kendaraan bermotor.

Peran orang tua dalam keselamatan berlalu lintas sangat penting karena secara aturan yang berlaku, seseorang diperbolehkan mengendarai mobil atau sepeda motor apabila sudah berusia minimal 17 tahun.

“Jadi jangan diberikan kesempatan bagi anaknya yang masih di bawah umur membawa motor, apalagi ke sekolah, atau jalan umum lainnya karena sangat berbahaya,” terang Kanit Turjawali Ipda Agus Marsudiyanto. (SV)

TINGGALKAN KOMENTAR