Komite Sekolah Fungsinya Meningkatkan Mutu Pendidikan

0
1551

Kobar News, Pangkalan Bun – Pertemuan antara Kepala Sekolah SMA, SMK dan MA serta Ketua Komite dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo, Senin (18/09) di ruang Lab IPA SMA Negeri 1 Pangkalan Bun, telah membuka wawasan, terutama masalah Komite Sekolah, yang kerap kali menjadi ujung tombak pengumpulan uang untuk sarana dan prasarana sekolah.

Kadisdik Provinsi Kalteng, Slamet Winaryo meminta, jangan sampai adanya pungutan terhadap  orang tua atau wali pelajar, kalaupun ada bukan pungutan tapi sumbangan yang tidak mengikat nilai yang ditentukan oleh sekolah atau komite.

“Tidak boleh adanya pungutan yang telah ditentukan, silahkan bila ada orang tua yang ingin membantu atau menyumbang, itupun tidak boleh ditentukan harus sekian nilainya, kalau ingin menyumbang, berapapun nilainya, asal adanya keikhlasan,” ujar Slamet.

Menurut Slamet, dana sumbangan yang tidak mengikat itu, bukan untuk pembangunan sekolah, masalah pembangunan sekolah serahkan kepada Disdik Provinsi Kalteng, untuk SMA, SMK, dan MA, dan ajukan rencana pembangunannya.

Kalau Komite Sekolah ingin membantu, rehab yang kecil, misalnya ada plapon satu lembar yang perlu diganti, silahkan saja, tapi kalau rehab besar atau pembangun, tidak diperbolehkan komita yang menanganinya.

Dijelaskan Slamet Winaryo, tugas Komite Sekolah itu, menjembatani antara sekolah dan orang tua, untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di sekolah, sehingga pelajar di Kalteng ini benar-benar cerdas. (One)

iKLAN 1-2

TINGGALKAN KOMENTAR