Waspada Fenomena Cuaca Eddy Mengakibatkan Curah Hujan Dengan Intensitas Besar Di Wilayah Kobar

0
19

Kobar News, Pangkalan Bun – Hujan dengan intensitas besar berlangsung selama 3 hari di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang mana kondisi itu mengakibatkan udara yang sangat dingin terasa sekali.

Hal itu yang disampaikan Kepala Stasiun Meteorologi Iskandar Kotawaringin Barat, Aqil Ihsan, S.Kom kepada Kobar News, Kamis (14/01) melalu media sosial aplikasi WhatsApp.

Sementara itu menurut Forcaster On Duty (FOD) BMKG Iskandar Kabupaten Kobar, Eko Yulianto Nugroho menjelaskan bahwa dalam pantauan radar cuacanya karena diakibatkan adanya fenomena cuaca.

“Dalam pantauan radar cuaca kami, hujan hampir merata dalam 3 hari ini, hal ini terjadi karena adanya fenomena cuaca eddy yaitu sirkulasi angin yang memutar yang dapat memicu pembentukan awan-awan hujan di wilayah yang dilaluinya. Eddy merupakan fenomena yang sering terjadi dan berpengaruh di wilayah Kotawaringin Barat dan sekitarnya. Fenomena eddy dapat bertahan sekitar seminggu,” jelas Eko Yulianto Nugroho.

Masih menurutnya, wilayah Kotawaringin Barat dan sekitarnya memiliki dua puncak musim hujan yaitu, pada Bulan Desember untuk wilayah Kotawaringin Barat bagian Tengah dan bulan April untuk wilayah Kotawaringin Barat bagian selatan, namun karena adanya fenomena eddy menyebabkan curah hujan yang turun lebih tinggi dari normalnya.

Masyarakat Kobar dihimbau untuk memperbarui informasi cuaca dari BMKG dan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar apabila terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi segera menjauh dari wilayah yang berpotensi terjadi bencana. (Firman/One)

TINGGALKAN KOMENTAR