Pembukaan Surat Suara Oleh KPU Disaksikan Bawaslu Dan Aparat Penegak Hukum Kobar

0
5

Kobar News, Pangkalan Bun – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan kegiatan pembukaan surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Pilgub Kalteng) Tahun 2020 di gudang logistik KPU Kobar, Minggu (22/11/2020).

Pembukaan surat suara tersebut dihadiri dan disaksikan oleh Ketua Bawaslu Kobar, Dorik Rozani, Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah yang diwakili Waka Polres, Kompol Boni Ariefianto, Dandim 1014 yang diwakili.

Jumlah seluruh surat suara yang ada berjumlah 90 dus berukuran sedang, dan 1 dus Kecil, jadi total seluruhnya ada 91 dus surat suara, adapun 90 dus berukuran sedang berisi 2000 lembar dan yang 1 dus kecil Berisi 371 lembar.

Ketua KPU Kobar, Chaidir dalam sambutannya mengatakan bahwa total keseluruhan ada 18.0731 lembar kertas surat suara,

“Hasil jumlah surat suara itu ditambah dengan 2,5 Persen DPT yang ada, karena daftar pemilih di Kobar Tahun 2020 yang ada sebanyak 175.677 orang, dengan rincian berjenis kelamin laki-laki sebanyak 89.633 orang dan perempuan 86.044 orang,” ujar Ketua KPU Kobar, Chaidir.

Menurutnya, untuk pelipatannya hanya dilakukan 2 kali lipatan, sehingga para pemilih bilamana pada saat pencoblosan tidak merasa repot dan waktunya pun tidak lama.

Dan proses pelipatannya, ketua KPU pun meminta bantuan kepada aparat penegak hukum, yaitu TNI dan Polri untuk menjaga dan mensterilkan lokasi gudang yang berada di belakang Kantor yang dijadikan tempat untuk pelipatan surat suara.

Chaidir pun menambahkan, target Pelipatan paling lama 5 Hari, dan paling cepat 3 hari, pihaknya juga masih menunggu logistik yang belum datang, yaitu folmulir dan sampul Karena pengadaannya ada di ranah provinsi.

Dan untuk pendistribusian surat suara, pihak KPU masih menunggu segala sesuatunya dan kemungkinan H-3 baru bisa didistribusikan. (Firman/One)

TINGGALKAN KOMENTAR