Kepala SMP Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi AAL Akan Meraih Kepala Sekolah Inovatif Dari Kemendikbud

0
6
Peraih Kepala SMP Inovatif Tingkat Nasional dari Kemendikbud, Heru Tri Oktavianto,S.Pd Kepala SMP Astra Agro Lestari

Kobar News, Pangkalan Bun – Salah satu bukti keseriusan sekolah dalam mengolah anak didik menjadi kreatif belajar di era pandemi Covid-19 walaupun dengan menggunakan Daring dan Luring.

Kepala Sekolah SMP GSIP Grup Astra Agro Lestari, Heru Tri Oktavianto, S.Pd. melalui seleksi Apresiasi Guru Inovatif dan Inspiratif telah lolos mendapatkan gelar tersebut yang dilaksanakan oleh Kemendikbud melalui Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dalam rangkaian Hari Guru Nasional 2020.

Heru Tri Oktavianto, S.Pd membenarkan kalau dirinya telah mengikuti serangkaian seleksi yang digelar oleh Kemendikbud melalui GTK yang berlangsung selama 20 hari sejak Tanggal 1-20 November 2020 diikuti 841 peserta berasal dari 34 provinsi dan 5 Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

Dijelaskan Heru, Proses penyeleksian pertama melalui deskripsi admistrasi (Deskripsi diri dan portofolio) kemudian diseleksi menjadi 20 besar untuk masing-masing kategori. Ke 20 besar tersebut lanjut kesesi wawancara dan persentasi secara virtual untuk diambil 5 besar terbaik untuk masing-masing kategori.

Dalam seleksi ini, dijelaskan oleh lulusan S1 Pendidikan Fisika, Universitas Mataram, Tahun Lulus 2012, terdapat 8 kategori yaitu, Guru SD Inovatif, Guru SMP Inovatif, Kepala SD Inovatif, Kepala SMP Inovatif, Guru SD Inspiratif, Guru SMP Inspiratif, Kepala SD Inspiratif, Kepala SMP Inspiratif. Untuk penganugrahan akan dilakasanakan Tanggal 20 November di Jakarta. Dan penyerahan penghargaannya dilaksanakan pada 27 Nopember 2020 ini.

“Saya hanya konsisten berdasarkan kinerja saya selaku kepala sekolah, tentunya ingin yang terbaik bagi siswa dan sekolah sebagai bentuk tanggungjawab selaku kepala sekolah, terlebih diera pandemi Covid, dengan terus berkarya dan ikhlas, walau awalnya tidak ada mengharap penghargaan,” tutur Heru yang terlahir di Sampang, 31 Oktober 1989.

Selain penghargaan tersebut, sebelumnya, dirinya telah mendapatkan penghargaan yakni :

  1. Penerima Kepala SMP Inovatif tingkat Nasional tahun 2020
  2. Juara 3 Lomba Inovasi guru Astra di Sumatera Barat Tahun 2019, dari PT Astra International
  3. Penerima Penghargaan Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional (Juara 2 best performance) dari Menteri Kesehatan Tahun 2019
  4. Finalis 10 besar guru lomba SCIENCE EDUCATION AWARDS yang diadakan oleh ITSF (Indonesia Toray Science Foundation) Tahun 2018
  5. Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional dari Kementrian Lingkungan tahun 2018
  6. Pembimbing Lomba Penelitian Siswa Nasional, Meraih Medali Emas Tahun 2017, diadakan oleh Kemendikbud
  7. Penerima Best Teacher dari PT.GSIP-AMR Tahun 2016
  8. Pembimbing Lomba Penelitian Siswa Nasional, Meraih Medali Perak Tahun 2016, diadakan oleh Kemendikbud
  9. 5 Finalis Lomba Inovasi guru Astra di Balikpapan Tahun 2017, dari PT. Astra International
  10. Pembimbing Lomba penelitian Siswa Nasional, Finalis 15 besar, diadakan oleh Center of Young Scientists, Tahun 2017
  11. 5 Finalis Lomba Inovasi guru Astra di Jakarta Tahun 2016, PT Astra International
  12. Pembimbing Lomba ISMOC (Indonesia science and Mathematics Olympiad), Finalis Nasional yang diadakan oleh Yohannes Surya, Surya University Tahun 2016
  13. Pembimbing Lomba Penelitian Siswa Nasional, Meraih Medali Perunggu Tahun 2015 di Bali, diadakan oleh Kemendikbud
  14. Pembimbing  Pekan Ilmiah Remaja di Wakatobi Tahun 2015

Menurutnya, tantangan dalam dunia pendidikan ini, yakni Pengaruh teknologi dan Komunikasi. namun memberikan solusi yakni Pertama Pendidikan Aqidah, ibadah, muamalah dan Pendidikan adab.

Dengan penghargaan ini dirinya juga berpesan Bekerjalah dari Hati, Jadilah kekurangan sebagai tambahan kelebihan, karena hal itu membuat kita selalu besyukur dan lebih kreatif, Siswa akan selalu ingat bagaimana kita memperlakukannya, jadi perlakukanlah siswa dengan sebaik-baiknya (lihatlah mereka dari berbagai macam perspektif/berbagai macam sisi), Jadilah sebaik -baiknya manusia yang bermanfaat bagi orang lain, karena Allah akan mempermudah hambanya bagi hamba yang mempermudah sesamanya, dan Siswa kita adalah Mutiara yang berada di dasar lautan, untuk mendapatkannya banyak hal yang harus kita korbankan dan perjuangkan. (One)

TINGGALKAN KOMENTAR