Basarnas Lanjut Evakuasi Korban Longsor Di Tambang Ilegal Hingga 7 Hari Kedepan

0
10
Kepala Kantor Basarnas Palangkaraya, Muhamad Haryadi Ketika Diwawancarai Awak Media di Kantor Pos Basarnas Pangkalan Bun

Kobar News, Pangkalan Bun – Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) menggunakan sesi tactical ascender untuk mengevakuasi korban longsor di tambang emas ilegal untuk 7 hari kedepan di Sungai Seribu RT.06, Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Demikian dikatakan Kepala Kantor Basarnas Palangkaraya, Muhamad Haryadi, Minggu (22/11/2020) di Kantor Pos Basarnas Pangkalan Bun, Jalan Pasir Panjang Utama Desa Batu Belaman Kecamatan Kumai.

Dijelaskan M.Hariyadi, Tactical ascender digunakan Basarnas karena dalam mengevakuasi menemui kendala di lokasi, yang mana kendala itu di manhole atau lubang utama untuk masuk, karena diameter lubangnya kecil sekali, hanya berdiameter 80 cm, lalu kedalam sampai di dasarnya manhole itu sedalam 60 meter, kemudian membuat lubang lagi yang berbentuk horizontal sepanjang 30 sampai 35 meter, dan pihaknya selalu mengutamakan safety dalam penanganan korban.

“Kami sendiri baru bisa memasuki lubang galian pada kedalaman 15 sampai 18 meter, karena kendalanya dilubang itu semakin dalam semakin kecil, dan dari kami pun menggendong tabung, yang namanya Self Contain Breating Aparatus (SCBA), sehingga tidak bisa memasuki lebih dalam lagi,” ujar Muhamad Haryadi.

Menurutnya, sementara ini evakuasi masih berlangsung selama 7 hari kedepan, dan bilamana dalam 7 hari itu tidak membuahkan hasil, maka evakuasi dihentikan sementara, tetapi apabila ada perkembangan atau informasi lebih lanjut, operasi SAR akan dibuka atau dilakukan kembali.

Tambahnya, aroma yang tidak sedap yang berasal dari dalam juga menjadi salah satu kendala tim sar melakukan evakuasi.

Harapannya, agar beberapa hari kedepan pencarian atau evakuasi korban dapat membuahkan hasil yang baik, dan basarnas pun bisa mengatasi kendala-kenadala yang selama ini menjadi halangan dalam proses evakuasi. (Firman/One)

TINGGALKAN KOMENTAR