Bhabinkamtibmas Desa Kubu Aktif Lakukan Patroli Karhutla

0
62

Kobar News, Pangkalan Bun – Upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polsek Kumai jajaran Polres Kotawaringin Barat (Kobar), Polda Kalteng bersama tim terpadu melakukan patroli di Desa Kubu, Kecamatan Kumai.

Patroli gabungan terpadu terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Manggala Agni dan masyarakat peduli api (MPA) untuk melihat situasi dan kondisi wilayah baik itu ketersedian air maupun kondisi lahan serata cuaca.

“Kami tim gabungan terus mensosialisasikan kepada warga terutama yang memiliki lahan kebun maupun persawahan, harus berhati hati musim kemarau rawan akan karhutla,” ucap Bhabinkamtibmas Briptu Heru Purbo, Senin (7/9/2020) sore.

Ia menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, tim gabungan juga menjelaskan penyebab rawan akan karhutla,misalnya lahan milik warga yang tidak dibersihkan, rumput dan semak belukar serta lahan yang jenis tanah gambut tipis salah satu pemicu kebakaran hutan dan lahan.

“Kami berharap informasi ini dapat bermanfaat bagi warga, dan dapat mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku untuk menjaga Kecamatan Kumai khususnya Desa Kubu dari karhutla,”tutupnya.(*/dns/mentari)

TINGGALKAN KOMENTAR