Cegah Covid -19, Bupati Barsel Edarkan Surat Penyesuaian Sistem Kerja ASN

0
71
Bupati Kabupaten Barsel, Ir.H.Eddy Raya Samsuri saat bersama warga beberapa waktu yang lalu dalam kegiatan Musrembangdes di Buntok.

Kobar News, Buntok – Berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 Tanggal 16 Maret 2020 tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam upaya pencegahan penyebaran wabah Corona atau Covid -19 di daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah (Kalteng), Bupati Kabupaten Barsel, Ir.H.Eddy Raya Samsuri mengeluarkan surat edaran penyesuaian sistem kerja ASN dilingkungan pemerintah kabupaten (Pemkab) Barsel.

IMG-20200320-WA0083

Kepada Kobar News, Eddy Raya menegaskan bahwa penyesuaian sistem kerja ASN ini juga sekaligus menindaklanjuti surat keputusan Gubernur Kalteng Nomor 188.44/81/2020 Tanggal 17 Maret 2020 tentang status siaga darurat bencana pendemi Covid -19 di wilayah provinsi Kalteng dan instruksi Gubernur Kalteng Nomor 188.5.54/23/2020 Tanggal 17 Maret 2020 tentang pencegahan dan antisipasi penyebaran Covid -19 di Kalteng dan surat edaran Gubernur Kalteng nomor 800/29/IV.I/BKD tentang penyesuaian sistem kerja ASN, sehingga Pemkab Barsel wajib menindaklanjuti perihal tersebut, (23/03).

Eddy Raya juga menegaskan bahwa ada beberapa poin yang menjadi dalam surat edaran untuk penyesuaian sistem kerja ini, diantaranya bahwa ASN dapat menjalankan tugas kedinasan dengan bekerja dari rumah atau tempat tinggalnya (Work From Home). Adapun pejabat dan pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pejabat pengawas untuk tetap melaksanakan tugas dikantor sehingga penyelenggaraan pemerintahan tetap berjalan secara optimal dengan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

IMG_20200305_163122

Adapun bagi perangkat daerah yang menyelenggarakan pelayanan langsung kepada masyarakat yang mencakup kepentingan masyarakat luas, seperti rumah sakit, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perhubungan dan perpajakan, perijinan dan unit kerja pelayanan lainnya, diatur lebih lanjut oleh masing-masing kepala perangkat daerah, ungkap Eddy Raya Samsuri.

Eddy Raya selaku Bupati Kabupaten Barsel juga mengharapkan agar ASN dapat mengoptimalisasi pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi dalam pertemuan, rapat, sosialisasi. Dalam hal ini terdapat rapat/pertemuan penting yang harus dihadiri oleh ASN yang sedang melaksanakan tugas kedinasan agar memanfaatkan sarana teleconference dan atau video conference.

Dalam kondisi seperti ini, Bupati Kabupaten Barsel juga mengingatkan agar jika ada pegawai yang sakit, agar beristirahat dirumah, tidak masuk kerja dan segera memeriksakan diri ke tempat pelayanan kesehatan.

Sementara itu, surat edaran Bupati Kabupaten Barsel tersebut berlaku sejak 23 Maret hingga 31 Maret 2020 dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan. (AGT/One).

TINGGALKAN KOMENTAR