Komplek Makam Kiai Gede Ditutup Sementara

0
317
Pengurus Makam Kiai Gede sedang memasang pemberitahuan bahwa Makam Kiai Gede akan di tutup selama dua pekan

Kobar News, Kotawaringin Lama – Pengurus makam Kiai Gede Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) menutup sementara kunjungan tamu atau peziarah ke makam Kiai Gede selama dua pekan terhitung mulai hari Senin (23/03).

Ketua Pengurus Makam Kiai Gede, Guprani bahwa mengatakan penutupan ini terkait dengan virus Corona atau Covid-19, dimana sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) sejak Tanggal 17 Maret lalu telah melakukan penetapan status siaga bencana non alam pendemi Covid-19 di Kabupaten Kobar.

IMG-20200320-WA0062

“Langkah penutupan ini kita ambil setelah mendapat arahan langsung dari Bupati Kotawaringin Barat melalui Camat Kotawaringin Lama, Sabtu(21/03) kemarin,” ucap Ujang sebutan hari-hari Ketua Pengurus Makam Kiai Gede, Minggu (22/03).

Ditambahkannya untuk sementara penutupan ini selama 14 hari, namun untuk selanjutnya akan di perpanjang atau sebatas dua pekan ini, akan di informasikan kembali sambil menunggu petunjuk dan arahan dari pihak terkait.

IMG-20200320-WA0083

“Berkenaan dengan kebijakan penutupan sementara ini, kami menyampaikan permohonan maaf yg sebesar-besarnya kepada seluruh warga masyarakat khususnya kaum Muslimin dan Muslimat,” imbuhnya.

Selanjutnya dibeberkan Ujang bahwa makam Kiai Gede di kunjungi ribuan orang perbulan. Untuk bulan Januari dan Februari 2020 ini saja tercatat 11.792 orang, masing-masing Bulan Januari 7.361 orang dan 4.431 orang pada Bulan Februari.

Masih menurut Ujang, setiap tahun pengunjung atau peziarah ke makam yang berada di Jalan Danau RT.01 Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kolam terus meningkat, di Tahun 2018 ada 20.642 orang dan di Tahun 2019 ada 21.560 orang.

“Kalau dirata-rata pengunjung perbulan sekitar lima ribu orang,” ungkap Ujang, sembari menambahkan pengunjung yang datang bukan hanya dari wilayah Kabupaten Kobar dan sekitarnya saja tapi juga dari luar daerah bahkan dari luar pulau Kalimantan.

Sepekan sebelumnya pengurus makam Kiai Gede yang didukung Pemkab Kobar mengelar Haul Akbar Kiai Gede ke 12. Acara yg di hadiri puluhan ribu jamaah ini juga di hadiri sejumlah pejabat dan tokoh diantaranya Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, Bupati dan Wakil Bupati Kobar, Bupati Lamandau, Wakil Bupati Sukamara, Ketua dan sejumlah anggota DPRD Kobar, anggota DPRD Saruyan, selain itu tampak hadir juga H. Muhammad Rakhman wakil ketua Komite 3 DPD/MPR RI dan anggota DPD RI Yustina Ismiyati Ujang Iskandar.

IMG_20200305_163122

Terpisah Camat Kolam, Nahwani membenarkan menyampaikan arahan Bupati Kobar kepada pengurus makam Kiai Gede. Dan dia mengapresiasi gerak cepat pengurus makam yang melakukan penutupan mulai awal pekan ini.

“Berdasarkan prediksi dan analisa banyaknya pengunjung ke makam Kiai Gede berpotensi besar dan riskan adanya penyebaran Virus Corona,” Kata Nahwani.

Mencegah lebih baik daripada mengobati terus Nahwani seraya meimbau seluruh warga untuk mengikuti arahan dari pemerintah terkait pencegahan dan penanganan virus Corona.

Diminta Nahwani agar warga tidak menyepelekan tentang instruksi Bupati Kobar dan petugas kesehatan tentang percepatan penanganan menghadapi pandemi Covid-19.

Dari pantauan media ini pada hari Minggu (22/3) kemarin masih banyak pengunjung yang datang. Untuk mengantisipasi ini pihak pengurus makam menyediakan tempat cuci tangan dan sosialisasi penutupan sementara makam Kiai Gede sambil menunggu pemberitahuan selanjutnya. (gst/One)

TINGGALKAN KOMENTAR