Bupati Kobar Mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana, Siap Ikuti Arahan Presiden

0
128
Bupati Kobar dan Kepala BPBD Kobar saat mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana yang dipimpin Presiden RI, Joko Widodo, Selasa kemarin (04/02) di Sentul Convention Center Bogor

Kobar News, Jakarta – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj.Nurhidayah, S.H.,M.H. didampingi Kepala BPBD Kobar, Ir.Petrus Rinda, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2020, Selasa kemarin (04/02) di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, kegiatan ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan ini Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah untuk bersinergi melakukan pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiagaan dalam menanggulangi bencana yang terjadi.

“Saya perintahkan seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi untuk melakukan pencegahan, mitigasi, dan meningkatkan kesiapsiagaan, yang selama ini sudah cukup baik perlu lagi kita tingkatkan agar lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara dalam hal penanganan bencana yang terjadi di daerah-daerah, kepala negara memerintahkan para kepala daerah untuk segera menyusun rencana kontingensi agar tata laksana pasca bencana dapat berjalan dengan baik.

“Kita juga harus melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana serta selalu sigap dalam upaya menghadapi potensi-potensi risiko yang ada sesuai dengan karakteristik wilayah dan potensi ancamannya,” imbuh Presiden.

Lebih jauh, Presiden juga mengajak berbagai pihak yang tergabung dalam unsur pentahelix, yakni pemerintah, dunia usaha, akademisi atau pakar, masyarakat, dan media massa untuk berkolaborasi dalam melakukan pencegahan, pengelolaan lingkungan, rekonstruksi, hingga rehabilitasi dampak bencana di Indonesia.

Menanggapi arahan Presiden, Bupati Kobar Hj.Nurhidayah menyatakan siap menindaklanjutinya. “Penanggulangan bencana memang harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada,“ tutur Hj. Nurhidayah. Hj. Nurhidayah juga menyampaikan akan terus berupaya mengembangkan sumber daya manusia yang andal dalam penanggulangan bencana. (Prokom Kobar/One)

TINGGALKAN KOMENTAR