Bupati Kobar Minta Barang Bantuan Tidak Berpindah Tangan

0
270
Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah didampingi Sekda Kobar dan Kadiskan menyerahkan bantuan kepada para nelayan

Kobar News, Pangkalan Bun – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj.Nurhidayah menyerahkan secara simbolis bantuan hibah kepada masyarakat nelayan di Desa Keraya Kecamatan Kumai, Rabu (11/12)

Kepala Dinas Perikanan Kobar, Ir.Rusliansyah mengatakan bahwa pemanfaatan potensi kelautan dan perikanan sejauh ini masih belum dikelola secara maksimal, sehingga diperlukan langkah-langkah strategis untuk menjawab tantangan dan kebutuhan dalam mengoptimalkan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan tersebut.

“Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dalam mendorong percepatan dan optimalisasi itu dengan memberikan bantuan sarana operasional di bidang perikanan,” katanya.

Berbagai bantuan dan hibah pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan selama ini masih belum optimal dan belum menjangkau secara menyeluruh bagi masyarakat nelayan dan pelaku usaha perikanan.

Untuk itu, lanjutnya, ditengah belum optimalnya pelayanan ini, ia berharap kedepan kerja sama antar stakholder untuk saling berangkulan dan selalu bersama guna meningkatkan perikanan yang maju di Kobar. Dengan sektor utama penangkapan, budidaya dan pengolahan serta pemasaran kedepan perikanan menjadi sektor unggulan di Kobar dan memberikan kontribusi lebih maju dalam peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah mengatakan bahwa sektor perikanan merupakan sektor hulu dan sangat kental berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat.

Untuk itu dalam membangun sektor perikanan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Kobar menitikberatkan pada pengembangan sektor penangkapan dengan proyeksi peningkatan alat tangkap bagi nelayan sampai dengan 15.000 pice selama lima tahun pemerintahannya.

Selain sektor penangkapan, pemerintah kabupaten juga terus mengembangkan budidaya dengan harapan sektor budidaya perikanan mampu menjadi penopang produksi perikanan di Kabupaten Kobar. Disamping produksi perikanan tangkap dan budidaya, Pemkab Kobar juga terus mendorong terciptanya produk perikanan yang bermutu dan mampu menjadi produk unggulan di Provinsi Kalteng.

Untuk itu, Pemkab Kobar juga memberikan hibah bagi pelaku usaha pengolahan dimana sampai saat ini hibah dan pembinaan kelompok pengolah telah menjangkau hampir 45 poklahsar yang tersebar di 6 kecamatan.

Bupati Kobar berpesan kepada Dinas Perikanan agar terus mendampingi dan melakukan pembinaan kepada kelompok yang menerima hibah agar dapat memanfaatkan bantuan yang telah diterima agar dapat meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan berharap agar barang yang diterima tidak berpindah tangan atau dijual. (mmckobar/One)

 

TINGGALKAN KOMENTAR