Pemkab Kobar Upaya Tingkatkan UMKM

0
1023

Advetorial

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Pemkab Kobar) berusaha meningkatkan pendapatan Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM), Sejak Bulan Juli 2019 ini pedagang kecil mulai memperdagangkan makanan rakyat yang dipadukan dengan pariwisata, apa saja yang dibantu Pemkab Kobar dalam meningkatkan pendapatan UMKM ?

IRWANUDIN,SH – Kobar News – Pangkalan Bun.

Berawal dari Lampu Keriang Keriut, keidahan lampu 10 hari menjelang lebaran Idul Fitri 1940 Hijriah, nampaknya oleh Ketua RT.05 Utin Rahmawati tetap terpasang dan dijadikan tempat untuk warganya berjualan di jembatan sepanjang Sungai Arut di wilayahnya.

IMG-20191104-WA0053

Lampu semakin terpasang walau lebaran telah usai, warga semakin bersemangat untuk berjualan untuk menambah uang dapur yang telah habis untuk kepentingan lebaran.

Kemudian melihat peluang bagus usaha dipinggir sungai, Lurah Raja meningkatkan usaha UMKM tersebut dengan membuka beberapa lapak Pasar Malam di pinggiran Jalan Abdul Syukur, samping Lapangan Tarmili Pangkalan Bun.

IMG-20191104-WA0050

Begitu antusiasnya pedagang, pasar malam tersebut ditingkatkan dan diberi nama Begoyap Night Market di Jalan Pangeran Antasari, dan diikuti oleh Kelurahan lainnya seperti Hasupa Hatagur di Kelurahan Mendawai, Menjongu Pongkalan di Kelurahan Baru, Beramian Kampung Seko di Kelurahan Sidorejo, dan Betomu Miyadi di Kelurahan Madurejo.

Dikatakan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UMKM, dan Pasar Kobar, Drs.H.Yadi mengungkapkan bahwa UMKM yang mengikutii pasar malam disetiap kelurahan itu selalu mengalami peningkatan, awalnya 50 lapak, kini telah mencapai 300 lapak.

IMG-20191104-WA0051

“Permintaan sekarang ini semakin bertambah,  dan disesuaikan dengan kondisi tempat pasar malamnya,” jelas H.Yadi kepada Kobar News.

Dari penjualan tersebut, terhitung rata-rata bisa mencapai antara Rp 200 juta – Rp 300 juta dalan dua malam, dan hitung rata-rata perlapaknya bisa mendapatkan Rp 1 juta dalam 2 malamnya.

H.Yadi menyebutkan, tidak ada keuntungan langsung kepada Pemkab Kobar, seluruh biaya pendaftaran langsung kepada pengelola disetiap kelurahan, Pemkab Kobar hanya mensupport saja.

IMG-20191104-WA0052

Menurutnya dengan adanya pasar malam disetiap kelurahan, telah terjadi peningkatan perputaran uang, antara pedagang di pasar malam dengan masyarakat pengunjung, dan pedagang di pasar baik tradisional maupun modern di Kobar ini.

Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah selalu membuka pasar malam tersebut, dirinya menyatakan akan mendukung setiap pasar malam yang ada disetiap kelurahan, asalkan positif dan akan segera menutup bila ada yang berbau negatifnya. (x)

TINGGALKAN KOMENTAR