Bupati Barsel Hadiri Rakor Penanganan Karhutla Bersama Gubernur Kalteng

0
965
Ir.H.Eddy Raya Samsuri, Bupati Kabupaten Barsel saat menandatangani komitmen bersama pengendalian dan penanganan Karhutla di wilayah Kalteng, (4/11)

Kobar News, Palangka Raya – Sehubungan dengan penanganan bencana kebakaran lahan dan hutan di wilayah provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2019 dan kesiapan menghadapi kebakaran lahan dan hutan 2020, pemerintah provinsi Kalteng melakukan rapat koordinasi bersama kepala daerah se Kalteng di Aula Eka Hapakat, kantor Gubernur Kalteng.

Bertempat di Jalan RTA milono nomor 1 Palangka Raya, Kantor Gubernur Kalteng, Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran didampingi Sekda Kalteng dan jajaran lingkup kedinasan Pemerintah Provinsi Kalteng, Senin (4/11).

Rapat Koordinasi membahas strategi pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan darurat bencana karhutla 2020 serta mengevaluasi penanganan darurat bencana kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kalteng tahun 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Wakil Walikota Palangka Raya, Hj.Umy Mastikah SH, Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ir.H.Eddy Raya Samsuri, Wakil Bupati Kabupaten Seruyan Hj.Iswanti, Bupati Kabupaten Pulang Pisau H.Eddy Pratowo, Bupati Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj.Nurhidayah, Bupati Kabupaten Barito Utara (Barut) H.Nadalsyah, Wakil Bupati Barito Timur (Bartim) Habib Saleh, Bupati Kabupaten Lamandau yakni Hendra Lesmana, Bupati Kabupaten Sukamara serta wakil Bupati Kabupaten Katingan dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Taufil Mukri.

Rapat koordinasi dimulai dari laporan Plt. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran provinsi Kalteng, Mofit Saptono. Kemudian pemaparan dan laporan Kepala daerah se Kalteng mengenai upaya-upaya penanganan yang masing-masing dilakukan di wilayahnya.

Selain itu, rapat koordinasi juga mendapat arahan dari Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian LHK, arahan Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB serta mendapat arahan dari Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran.

Dalam Rapat Koordinasi kali ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama pengendalian dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi Kalteng bersama kepala daerah dan instansi terkait.

Bupati Kabupaten Barsel, Ir.H.Eddy Raya Samsuri yang mengikuti jalannya rapat koordinasi mengungkapkan pentingnya kegiatan rapat dan koordinasi seperti ini dalam rangka menyampaikan keadaan di daerah Kabupaten Barsel yang pada saat 2019 ini juga mengalami bencana kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) namun hal tersebut telah dapat kita tangani dengan baik bersama pihak-pihak terkait diwilayah Kabupaten Barsel.

“Sehingga kita dapat menyampaikan secara langsung dalam rapat koordinasi hari ini kepada Gubernur tentang bagaimana kami melakukannya upaya-upaya pencegahan karhutla di Barsel, kemudian melakukan upaya-upaya kesiapsiagaannya dan melakukan upaya-upaya penanganan darurat yang sudah dilaksanakan oleh pemkab Barsel selama 2019,” tambah Eddy Raya Samsuri.

Fokus untuk 2020, Kabupaten Barsel juga menyampaikan kesiapsiagaan terhadap bencana Karhutla, khususnya kita selalu waspada terhadap Karhutla dan mencegah sedini mungkin serta pro aktif dari adanya tanda-tanda karhutla di Barsel nanti. Pemkab Barsel akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dan berharap mendapat dukungan masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla 2020 kedepan, pungkas Eddy Raya Samsuri kepada Kobar News. (AGT/One)

TINGGALKAN KOMENTAR