Antisipasi ISPA Akibat Kabut Asap, PLN Bagikan 5.000 Masker untuk Masyarakat Kalteng

0
570
General Manager PLN UIW Kalselteng, Sudirman secara simbolis memberikan bantuan 5.000 Masker N95 kepada BPBKP Provinsi Kalimantan Tengah yang diterima oleh Asisten BPBKP, Maria Cahaya, Selasa (17/9).

Kobar News, Palangka Raya – Kabut asap yang semakin tebal beberapa minggu terakhir di Palangka Raya menggerakkan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN UIW Kalselteng) untuk membagikan bantuan 5.000 masker bagi masyarakat.

Bantuan tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli bagi masyarakat terdampak kabut asap, khususnya di Kota Palangka Raya yang diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, Selasa (17/09).

General Manager PLN UIW Kalselteng Sudirman yang memberikan langsung bantuan tersebut mengatakan bahwa tujuan pemberian bantuan masker tersebut adalah untuk meminimalkan dampak dan mengantisipasi terjadinya gangguan kesehatan seperti Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA) pada masyarakat di Kota Palangka Raya yang terdampak bencana kabut asap.

“Kabut asap sudah semakin tebal di Kalimantan Tengah, khususnya Palangka Raya ini. Kabut asap ini tentu membuat masyarakat susah bernapas. Bantuan ini merupakan kepedulian PLN kepada masyarakat dan diharapkan dapat membantu masyarakat agar terhindar dari dampak kabut asap,” ujar Sudirman.

Masker yang diberikan oleh PLN yaitu masker berjenis N95. Masker tersebut adalah masker yang mampu menyaring 95 persen partikel udara dan digunakan ketika kualitas udara berada di atas 300 pollutant standards index (PSI).

Masker ini memang cocok untuk membantu warga yang terdampak musibah kabut asap dengan kualitas udara yang sangat berbahaya yang diakibatkan kabut asap.

“Ketika bernapas dalam keadaan kabut asap yang tebal, dikhawatirkan partikel-partikel kecil ikut masuk ke dalam saluran pernapasan. Hal tersebut yang memungkinkan menyebabkan ISPA pada tubuh kita. Oleh karena itu diharapkan masker ini dapat membantu masyarakat dalam beraktivitas jika memang dengan terpaksa harus keluar rumah,” kata Sudirman.

Sudirman berharap bantuan masker tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kalteng, khususnya di Palangka Raya. Sudirman juga mendoakan agar kebakaran hutan dan kabut asap yang terjadi dapat segera berlalu.

Sekretaris BPBPK Kalimantan Selatan,
Maria Cahaya menyatakan rasa terima kasihnya kepada PLN atas bantuan masker kepada masyarakat Kalteng. Ia menyampaikan bahwa dalam keadaan kabut asap yang semakin tebal, masker sangat diperlukan.

Maria mengatakan bahwa dengan kualitas udara kota Palangka Raya saat ini tentu sangat berbahaya apabila udara yang bercampur asap dihirup oleh masyarakat.

“Dengan kondisi semacam ini di mana semua orang membutuhkan masker, barang ini tentu bisa saja menjadi sulit dicari. Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan memberikan bantuan 5000 masker. Semoga masker ini dapat bermanfaat,” pungkasnya. (One)

TINGGALKAN KOMENTAR