Ulah PLN Potong Pohon, DLH Gusar

0
1245
Beginilah pohon peneduh dipinggir jalan yang dipotong oleh pihak PLN tanpa berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotawaringin Barat
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, M.Robianur dan stafnya turun tangan dalam membersihkan potongan pohon yang ditebang oleh tim teknik PLN Pangkalan Bun.
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, M.Robianur dan stafnya turun tangan dalam membersihkan potongan pohon yang ditebang oleh tim teknik PLN Pangkalan Bun.

Iklan PDAM Kemerdelaan RI

Kobar News, Pangkalan Bun – Beginilah akibat PLN Pangkalan Bun dalam memelihara jaringan dengan memotong pohon peneduh di pinggir jalan tanpa koordinasi membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat gusar.

Beberapa pohon di samping RSUD Sultan Imanuddin tertebang dan beberapa ranting di Bundaran Jam Mendawai turut terpangkas, tidak hanya itu, bekas tebangannyapun dibiarkan begitu saja. Dan pihak DLH Kobar akhirnya turun tangan dan membersihkan potongan pohon tersebut hingga larut malam.

Iklan Dispora Kemerdelaan RI 1

Kepala DLH Kobar, Ir. Bambang Djatmiko Trikora, M.Si melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, M.Robianur, Robiannur mengaku sangat kesal dengan ulah PLN yang menebang pohon tanpa koordinasi terlebih dahulu.

“Sebetulnya kami juga menyadari kalau pohon yang sudah tinggi dan dapat menyentuh kabel bertegangan tinggi itu sangat berbahaya, hanya saja sebelumnya berkoordinasilah terlebih dahulu, apakah ditebang habis atau sebatas dahannya. Saja,” ujar Robiannur.

Iklan PUPR Kemerdelaan RI

Terlebih, lanjut Robi, sampah hasil potongan atau pemangkasan itu bukanlah ranah DLH, tapi harus dibersihkan sendiri,  dan diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah, dan ini didiamkan saja, dan membuat kotor dilingkungan penebangan.

Pimpinan PLN Rayon Pangkalan Bun melalui Supervisor Teknik, Sesen menjelaskan kalau dirinya telah memberikan sinyal kepada tim dilapangan untuk berkoordinasi dengan pihak terkait, dan itupun dirinya mengintruksikan hanya memangkas rantingnya saja, tidak menebang.

Iklan Kadisnakertrans Kemerdelaan RI 74

“Ini terjadi kurang sinkronnya pemahaman yang saya instruksikan dengan pihak lapangan, dan akan kami perbaiki kinerja dilapangan terkait dengan pemeliharaan lingkungan jaringan,” jelas Sesen kepada kobarnews.com, Rabu (21/08) melalui sambungan handphone.

Atas kelalaian itu, atas nama managemen, pihaknya meminta maaf, dan kesepan akan mengutamakan koordinasi, terutama dengan pihak DLH Kobar. (One)

Iklan Kejari Kemerdelaan RI

TINGGALKAN KOMENTAR