Sinergi Adat Budaya dan TMMD Ke-105 Kodim 1014/Pbn

0
541
Bupati Kotawaringin Barat, Hj.Nurhidayah dan tamu memasuki lapangan upacara pembukaan TMMD Ke-105, terlebih dahulu harus didahului proses adat dan budaya Dayak Tomun

IMG-20190712-WA0028Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Ke-105 Kodim 1014 / Pbn di Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, mendapat dukungan dari masyarakat setempat, termasuk masyarakat adat setempat, yakni budaya adat Dayak Tomun. Apa saja budaya yang ditampilkan saat pembukaan TMMD Ke-105 di Pangkut tersebut ?

IRWANUDIN,SH – Kobar News, Pangkut 

Beginilah bila setiap acara besar yang menghadirkan pejabat atau tamu yang mengunjungi Kecamatan Arut Utara, harys melalui proses adat dan budaya setempat, yakni Dayak Tomun, biasanya diawali dengan tarian Selamat Datang kepada tamu.

Kemudian melalui proses potong pantan, sebuah kayu bulat yang melintang dipintu gerbang yang harus dipotong oleh sang tamu, dan prosesi adat tersebut dipimpin oleh seorang Mantir atau yang lebih tinggi lagi yakni seorang Damang.

Dandim 1014 / Pbn, Letkol Inf Muhammad Roni Sulaeman, mengungkapkan komitmennya dalam melestarikan adat dan budaya setempat, agar tidak terkikis oleh perkembangan teknologi.

“Kita tetap komitmen dalam kelestarian budaya di Indonesia, termasuk di Kecamatan Arut Utara ini,” ujar Letkol Inf M.Roni Sulaeman kepada media.

Menurut Dandim, Satgas TMMD Ke-105 selalu berkoordinasi dengan masyarakat adat setempat, agar program TMMD ini mendapatkan dukungan penuh oleh masyarakat setempat.

Salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Arut Utara yang tinggal di Desa Gandis, Yoner mengungkapkan terima kasih kepada TNI yang peduli dengan Arut Utara yang merupakan daerah tertua di Kabupaten Kotawaringin Barat ini.

“Terima kasih Pak Dandim, yang telah turut serta membangun daerah kami, mudahan dapat sangat bermanfaat bagi daerah ini, terlebih juga tidak meninggalkan adat istiadat setempat,” ungkap Yoner yang turut serta dalam pembukaan TMMD di Pangkut dan mengikuti peninjauan terhadap sasaran TMMD. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR