DLH Sosialisasikan Bank Sampah Kepada Ibu Bhayangkari

0
312
Foto bersama Pengurus Ibu Bhayangkari Kobar bersama Bank Sampah Jaya

Kobar News, Pangkalan Bun – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memberikan Sosialisasi Bank Sampah kepada Ibu Bhayangkari Cabang Pangkalan Bun, Sabtu kemarin (23/03) di Aula Polres Kobar.

Dikatakan Kepala DLH Kobar, Ir.Bambang Djatmiko Trikora melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Muhammad Robiannor, bahwa Sosialisasi ini bertemakan “Sampah Menjadi Berkah” ini merupakan program dari DLH Kobar  agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

IMG-20190321-WA0017

Setiap organisasi yang sedang ada pertemuan, kata Robi demikian sapaan akrab M.Robiannor dimanfaatkan untuk disosialisasi tentang Bank Sampah, sebagaimana yang terjadi pada ibu Pengurus Bhayangkari beserta anggotanya melakukan acara rutin, diidi dengan sosialisasi dari DLH Kobar dan Bank Sampah Jaya Plastindo diundang untuk mengisi acara sosialisasi bank sampah.
di Aula Bhayangkari Polres Kobar.

IMG-20190322-WA0015

Dijelaskan Robi, sosialisasi bank sampah ini bertujuan sebagai wadah bagi masyarakat dan ibu-ibu untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya dengan harapan dari sampah menjadi berkah.

“Tujuan dari bank sampah ini sebagai momentum awal membina kesadaran kolektif masyarakat untuk mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi,” jelas Robi.

IMG-20190322-WA0016

Selain itu, lanjutnya, mendaur ulang sampah yang mereka lakukan nanti, bisa menghasilkan nilai ekonomis, bahkan nanti Bank Sampah bisa menyediakan sembako bagi nasabahnya.

Sementara itu, Direktur Bank Jaya Plastindo selaku narasumber mengatakan bahwa Paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru pengelolaan sampah. Paradigma baru adalah memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

Sasha

“Bank sampah merupakan strategi dalam mengembangkan dan membangun kepedulian masyarakat agar dapat berkawan dengan sampah bukan menjadikannya sebagai lawan,” katanya.

Bank sampah ini nantinya akan memiliki banyak nasabah seperti bank-bank pada umumnya. Dia juga berharap dengan adanya bank sampah ini dapat menyadarkan masyarakat arti pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. (One)

IMG-20190218-WA0050

 

TINGGALKAN KOMENTAR