Mural Ikonik Kesultanan Di Lapangan Tarmili Upaya Mengenalkan Sejarah dan Budaya

0
197
Lapangan Tarmili Kelurahan Raja kini mulai tertata rapi walaupun dengan dana swadaya masyarakat, dengan dinding pondasi sudah tertoreh mural sebagai kreativitas masyarakatnya.

Kobar News, Pangkalan Bun – Lapangan Tarmili, di Kelurahan Raja, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, saat ini berubah rupa. Dulunya lapangan yang dipenuhi semak belukar dan lapak kumuh pedagang, disulap menjadi lapangan yang asri, dengan background lukisan dinding (Mural) ikonik kesultanan.

Lurah Raja, Rangga Lesmana menyampaikan ikonik kesultanan yang tergambar ditembok lapangan merupakan sebuah upaya dari kelurahan setempat untuk menjaga agar generasi muda mengenal sejarah dan budaya kampung Raja.

“Saat ini lapangan Tarmili tampil kekinian, namun tidak mengesampingkan adat dan budaya,” kata Rangga Lesmana, Minggu (10/03) kepada kobarnews.com.

Secara bertahap, lanjut Rangga, lapangan kebanggan masyarakat Kelurahan Raja tersebut, akan dibenahi, pihak kelurahan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kobar, dan pada Tahun 2020 akan ada pembangunan ruang terbuka publik dengan fasilitas olahraga, taman dan fasilitas penunjang lainnya.

Mengingat lapangan Termili berada di kawasan pendidikan maka di lapangan tersebut juga akan dibangun hal – hal yang berkaitan dengan sarana pendidikan.

“Untuk sementara ini pihak kelurahan terus membangun dengan swadaya dari para donatur, kegiatan juga akan kita dukung melalui dana kelurahan agar lebih maksimal,” ungkapnya.

Selain itu, saat ini pemerintah kelurahan juga sedang membangun komunikasi dengan Pemkab Kobar, melalui bagian ekonomi Setda Kobar agar lapangan Termili sudah mulai diperhatikan penerangannya.

Tidak menutup kemungkinan apabila, penerangan di kawasan Termili sudah ada, maka kegiatan ekonomi di kawasan itu akan terus berjalan hingga malam hari, karena rencananya pedagang akan diberikan lapak dengan konsep kontainer, dan para pedagang mikro akan diberikan bantuan secara swadaya.

“Harapan kami, lapangan Tarmili akan bisa bermanfaat bagi semua masyarakat, khususnya di Kelurahan Raja, dari sisi ekonomi menunjang perekonomian warga bagi pelaku usaha mikro,” pungkasnya.

Untuk diketahui selain itu, dari sisi edukasi dan olahraga juga diharapkan berdampak besar bagi generasi muda sehingga bisa terus berkarya dalam hal positif. (Tyo/One)

IMG-20190218-WA0050

TINGGALKAN KOMENTAR