Pencuri Menjual Barangnya Melalui Medsos

0
146

Kobar News, Muara Teweh -Tim Resmob Polres Barito Utara kembali menangkap pelaku pencurian yang meresahkan warga Muara Teweh,  Kalimantan Tengah dalam minggu – minggu ini.

Pelaku pencurian Imam (26 tahun) warga Desa Beringin Raya Kecamatan Teweh Baru yang selalu beraksi dibeberapa rumah dalam kota Muara Teweh, tidak berkutik ketika tim Resmob menangkap pelaku disalah satu bilyard di Jalan Pramuka  Muara Teweh.

Kasat Reskrim Polres Barito Utara, AKP Syamsul Bahri .S.I.K mengatakan bahwa kronologis penangkapan berdasarkan hasil patroli media sosial facebook, ditemukan akun atas nama *Upinipin* yang sering menjual barang-barang perkakas tukang, alat rumah tangga, HP dan elektonik.

Kemudian dilakukan profeling terhadap akun facebook tersebut dan didapat hasil bahwa pemilik akun tersebut bernama Imam.

Mendapat petunjuk dari akun tersebut, Unit Resmob Sat Reskrim Polres Barut melakukan penyelidikan, dan melakukan under caver buy dengan cara berpura- pura membeli salah satu barang yang ditawarkan hasil pencurian yaitu berupa amplifier.

Anggota Unit resmob melakukan nego harga dengan tersangka Imam. Setelah disepakati harga, kemudian tersangka Iman menentukan tempat untuk serah terima barang yaitu di Jalan Pramuka di depan Bilyard Global.

Pada saat berada di depan Bilyard Global tersebut, tersangka Imam ditangkap dan dimintai untuk menunjukan barang yang akan dijual berupa amplifier tersebut. Ternyata amplifier nya masih berada di barak yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Gang Ahmad Kelurahan Melayu.

“Dari situlah tersangka Imam dibawa oleh anggota Unit Resmob Sat Reskrim Barut untuk mengambil amplifier curian yang di sembunyikan tersebut,” jelas AKP Syamsul Bahri.

Menurut AKP Syamsul Bahri, pelaku sudah melakukan pencurian didua tempat, yaitu di rumah Joko Jalan Ronggolawe pada hari Sabtu Tanggal 23 Pebruari 2019 Pukul 20.00 WIB. Barang yang diambil adalah berupa amplifier, genset, tabung LPG 3 kg, bor litrik, ketam listrik dan knalpot .

Rencana Barang-barang hasil curian tersebut, kemudian dijual secara online melalui facebook milik tersangka Imam dengan nama akun *upinipin* dan diposting di group facebook *MUARA TEWEH (Forum Jual Beli Barang Baru/Bekas ungkap perwira tiga balok di pundak tersebut.

Selain di rumah Joko, pelaku imam tersebut juga pernah melakukan pencurian di rumah Eko Jalan Taman Rekreasi Remaja, barang yang diambil di lokasi tersebut adalah berupa bor listrik, mesin amplas, mesin ketam dan speaker merk Simbada. Barang-barang hasil curian tersebut juga telah dijual melalui facebook.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, pekalu dijerat Pasal 363 KUH Pidana dengan ancam 5 tahun kurungan penjara. (BR/One)

IMG-20190228-WA0001

TINGGALKAN KOMENTAR