Ketua DAD Kalteng Apresiasi Pagelaran Seni Tari “MAN DA U”, Kenapa ya?

0
384
Panitia Pagelaran Seni Tari Musikal “MAN DA U” saat beraudiens dengan Ketua DAD Kalteng Agustiar Sabran didampingi oleh Sekertaris DAD Kalteng Thoeseng T.T Asang

Kobar News, Palangka Raya – Warga Palangka Raya akan disuguhi pagelaran Tari Musikal “MAN DA U” yang akan dibawakan oleh mahasiswa Program Studi Seni Pertunjukan (PSSP) Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP) Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-3 Maret 2019 di Betang Kapakat Jalan RTA Milono, Palangka Raya.

Kegiatan Program Studi Seni Pertunjukan (PSSP) Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP) tahun 2019 adalah melaksanakan program Pengabdian Masyarakat hal tersebut merupakan kewajiban bagi Dosen dan Mahasiswa. Hal tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Tengah, Agustiar Sabran.

”Budaya merupakan aset bangsa dan daerah yang harus di jaga, dipelihara dan dilestarikan, oleh sebab itu masing – masing orang dapat mengaktulitaskan budaya dalam kehidupan sehari – hari, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, tentu saja budaya yang positif sehingga dapat diterima oleh siapa saja,” ungkap Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran didampingi Sekretaris DAD Kalteng Thoeseng T.T. Asang, belum lama ini.

Agustiar menambahkan, Budaya Suku Dayak juga sangat kaya dan dipengaruhi oleh budaya – budaya lain, contoh menurut legenda, tetek tatum, Sansana Bandar dan tulisan para ahli sejarah, bahwa budaya Suku Dayak dipengaruhi oleh budaya bangsa Cina, bukti kongkrit seperti Balanei/Balanga (Guci), piring malawen, sekarang menjadi barang antik.

“Peninggalan sejarah tersebut merupakan adanya pembauran budaya antara budaya Suku Dayak dengan Budaya Cina, kita harus akui itu, sejarah budaya jangan di kaburkan kasian anak cucu kita,” tambahnya.

Ketua DAD Kalteng, Agustiar Sabran mengimbau kepada masyarakat Kalteng, khususnya warga kota Palangka Raya, untuk menyaksikan pagelaran Seni Tari Musikal “MAN DA U”, Pameran Industri Kreatif, Bazar Kuliner dan Lomba Fotografi di Betang Hapakat, Jl. RTA. Milono Km. 3,5 Palangka Raya Pada tanggal, 1 sampai 3 Maret 2019. (ta/One)

TINGGALKAN KOMENTAR