Anggota Dewan ini minta DOB Rungan-Manuhing segera Dimekarkan, Ini Alasannya

0
145
Srikandi Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hj. Nataliasi

Kobar News – Palangka Raya – Saat ini pemerintah pusat masih memberlakukan moratorium pemekaran atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Indonesia. Namun berharap untuk DOB Rungan-Manuhing serta beberapa daerah lainnya di Kalteng ini dibuat pengecualian karena memang sangat memerlukan pemekaran segara.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi A DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Hj Nataliasi yang berharap usulan Pemekaran atau DOB Kabupaten Rungan – Manuhing mendesak untuk segera dimekarkan. Pasalnya, pembangunan di daerah tersebut cukup tertinggal jauh.

“Berdasarkan pantauan kami dan juga hasil pertemuan memang, daerah Rungan – Manuhing itu perlu segera dimekarkan. Semoga rencana ini segera mendapat dukungan dari pemerintah pusat Karena kalau dilihat dari jarak tempuh dan harapan masyarakatnya agar pelayan publik dapat lebih terjangkau,”ungkapnya kepada wartawan di Gedung Komisi DPRD Kalteng, Senin (28/01).

Selain jarak tempuh, lanjut Srikandi Komisi A DPRD Kalteng ini dapat mempermudah akses masyarakat untuk mempermudah akses yang berhubungan dengan pemerintahan. Sebab Akses mereka ke daerah ibu Kota Gunung Mas, Kuala Kurun sangat jauh.

Trans Nusa

“Berikutnya juga dengan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikannya dan juga sektor-sektor lain, yang mana itu mampu sebenarnya dengan pemekaran wilayah Rungan Manuhing itu bisa meningkatkan potensi dan juga pendapatan daerah, kalau itu segera dimekarkan,” jelasnya Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Kalteng III, meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Lamandau dan Sukamara.

Disampaikannya, untuk segi persyaratan untuk usulan pemekaran Rungan – Manuhing sudah layak, sehingga sekarang ini tinggal menunggu dukungan dari pemerintah pusat supaya mempercepat proses usulan pemekaran tersebut.

Menurutnya, kalau dari syarat ketentuan yang disiapkan oleh panitianya sudah layak, tinggal bagaimana dukungan dari pemerintah supaya cepat prosesnya. Memang saat ini sedang ada moratorium, akan tetapi bila ada dukungan dari pemerintah Provinsi, pemekaran daerah ini bisa saja terjadi, apalagi daerah ini merupakan kepulauan yang besar dan luas sehingga perlu pemekaran segera, terlebih untuk DOB Rungan-Manunhing. (ta/One).
IMG-20190125-WA0009

TINGGALKAN KOMENTAR