Bupati Kobar Akan Himbau ASN Usai Gajian Langsung Berzakat

0
483
Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah saat memberikan sambutan dalam rangka penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah oleh Baznas kepada yang berhak menerima

Kobar News, Pangkalan Bun – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) akan mendukung usulan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kobar agar Aparatur Sipil Negara (ASN) langsung mengeluarkan zakatnya saat menerima gaji pada setiap bulannya, dan akan dibuat himbauan dalam waktu dekat.

Demikian dikatakan Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah saat penyaluran Zakat, Infaq dan Sedekah kepada pelaku usaha kecil, fakir miskin dan Advokasi Dakwah, Kamis (27/12) di Masjid Sirajul Muhtadin, Kelurahan Baru Pangkalan Bun.

“Mengeluarkan zakat, infaq dan sedekah, tidak harus menunggu Bulan Ramadan atau Idul Fitri, zakat setiap saat harus dikeluarkan, karena setiap rejeki yang kita terima itu, ada sebagian milik orang lain, diantaranya fakir miskin atau kaum dhuafa,” kata Bupati Kobar dihadapan Ketua MUI Kobar, Camat, Lurah dan para penerima zakat.

Dijelaskan Hj.Nurhidayah, dalam waktu dekat ini, dirinya akan mengeluarkan surat himbauan bagi ASN muslim, untuk langsung mengeluarkan zakat hartanya dari gaji yang mereka terima sebesar 2,5 persen ke rekening Baznas Kobar, dan nantinya langsung dikelola oleh Baznas.

Ketua Baznas Kobar, Suhartono Basran
Ketua Baznas Kobar, Suhartono Basran

Adapun zakat harta dari gaji ASN yang diusulkan oleh Baznas Kobar, yakni untuk Golongan II sebesar Rp 5.000,-, Golongan III sebesar Rp 15.000,-, Golongan IV sebesar Rp 40.000,- dan untuk Anggota DPRD sebesar Rp 100.000,-.

Menurut Ketua Baznas Kobar, Suhartono Basran, jika usulan ini disetujui oleh Bupati Kobar, maka potensi zakat akan terkumpul sebesar Rp 1,4 miliar pertahunnya, dan jika bersama Polri dan TNI, maka potensinya menjadi Rp 1,9 miliar pertahunnya.

Diakui Suhartono, saat ini disetiap Dinas atau lembaga di lingkup Kobar, yang berjumlah 30 Dinas/lembaga telah ada Unit Pengumpul Zakat (UPZ), namun saat ini yang aktif dalam mengumpulkan zakat hanya 9 UPZ saja. (One)

TINGGALKAN KOMENTAR