KTP-el Rusak dan Invalid Dimusnahkan Disdukcapil Kobar

0
239
Kepala Disdukcapil Kobar, Drs.H.Gusti Imansyah memimpin pemusnahan KTP-el yang dianggap rusak dan invalid, Selasa (18/12) di halaman kantor Disdukcapil.

Kobar News, Pangkalan Bun – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memusnahkan sebanyak 13.995 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik yang dianggap rusak dan invalid, Selasa (18/12) di halaman kantor Disdukcapil Kobar.

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara dibakar, yang dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Kobar, Drs.H. Gusti Imansyah dan disaksikan oleh Unsur Polres Kobar, Kadis Satpol PP dan Damkar, Kadiskominfo, Statistik dan Persandian, Inspektorat, dan sejumlah wartawan.

Kepala Disdukcapil Kobar, Drs H.Gusti Imansyah mengatakan kalau pemusnahan ini merupakan tindak lanjut dari amanah dari Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Dukcapil, agar dilakukan pemusnahan bagi KTP-El yang rusak dan Invalid dengan menegaskan pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

“KTP-el yang dimusnahkan ini adalah yang rusak dan invalid, dan slah satunya karena adanya perubahan biodata dalam dokumen, dan pemusnahan ini merupakan upaya pencegahan yang tidak diinginkan seperti penyalahgunaan KTP-el yang dianggap tidak berguna ini,” ucap Gusti Imansyah.

Upaya pemusnahan KTP dengan cara dibakar ini baru pertama kali dilakukan, setelah terbitnya Surat Edaran Kementerian Dalam Negeri, Nomor 470.13/11176/SJ tentang Penatausahaan KTP-el rusak atau invalid, dan sebelumnya pemusnahan dilakukan dengan cara digunting, pungkas Gusti Imansyah. (One)

 

TINGGALKAN KOMENTAR