Gapoktan se Kobar Kembali Dapat Alsintan

0
460
Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah didampingi Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kobar Ahklani Maskur, dan Kepala Dinas TPHP Kobar mencoba menghidupkan Traktor mini roda empat

Kobar News, Pangkalan Bun – Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di enam Kecamatan se Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menerima alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan diserahkan langsung oleh Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah, Selasa (16/10) di Halaman Kantor Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Kobar.

Adapun Alsintan yang diserahkan kepada Gapoktan berupa satu buah Traktor roda empat, 11 buah hand traktor roda dua, dan 10 mesin pompa air, yang keseluruhannya berasal dari Kementrian Pertanian RI melalui dana APBN Tahun 2018.

FB_IMG_1535879238052

Kepala Dinas TPHP Kobar, Ir.Kamaludin dalam laporannya, selain dari beberapa alsintan yang diserahkan kepada Gapoktan yang ada di Kecamatan Arut Selatan, Arut Utara, Kotawaringin Lama, Lada Banteng dan Kumai. Alsintan ini dapat memudahkan para petani yang baru membuka lahannya tanpa membakar.

“Terlebih dalam menghadapi musim kemarau nantinya, Alsintan inilah solusinya dalam membuka lahan, sehingga tidak terjadinya kebakaran lahan dan hutan yang berdampak pada buruknya kesehatan masyarakat,” ujar Kamaludin.

Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah menegaskan bahwa bantuan Alsintan ini sifatnya hanya dipinjamkan saja kepada gapoktan secara keorganisasian petani, dan bukan dimiliki orang orang peerorang, dan dirinya meminta agar penggunaannya ini harus dimaksimalkan, sehingga mendapatkan hasil pertanian yang berkualitas.

Gamma

“Kalau memang kurang maksimal, apalagi tidak diperegunakan, maka harus dikembalikan ke Dinas TPHP Kobar, karena masih banyak Gapoktan lainnya yang betul-betul membutuhkan dalam upaya pengembangan tanaman pangan,” harap Bupati kobar.

Selain itu, Bupati juga meminta agar para petani dalam penggunaan Alsintan ini harus terawat dengan rapi, agar penggunaan alat ini bisa berumur panjang dan kalau memang ada kelompok lain untuk memanfaatkannya, sepanjang untuk kepentingan pertanian silahkan dipinjamkan asalkan ada laporan dalam penggunaannya. (One)

TINGGALKAN KOMENTAR