DPRD Kalteng Dukung Kobar Jadi Kawasan Industri, Ini Alasannya

0
476
Anggota DPRD Kalteng dari PDI Perjuangan, H Jubair Arifin

Kobar News, Palangka Raya – Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah sangat berpotensi menjadi kawasan industri terutama dibidang perkebunan. Sebab Provinsi Kalteng masih belum memiliki kawasan Industri yang mengolah hasil perkebunan tersebut. Hal ini disampaikan Anggota DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan Kalteng III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara, H Jubair Arifin, Senin (15/10).

“Keinginan agar Kobar menjadi kawasan Industri tidak hanya pihak swasta dan Pemerintah tetapi masyarakat pun turut berharap, dimana dengan menjadi kawasan industri, secara otomatis akan membuka lapangan pekerjaan baru,” ungkap H.Jubair Arifin kepada Wartawan di Gedung DPRD Kalteng.

Anggota DPRD Kalteng dari PDI Perjuangan ini juga mengatakan, dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten (RTRWK), Kotawaringin Barat telah memiliki kawasan khusus untuk dijadikan wilayah Industri, sehingga dirinya berharap perizinan untuk menjadikan Kotawringin Barat sebagai wilayah industri tidak dipersulit.

“Kita berharap, dari sisi perizinannya tidak dipersulit, karena dalam RTRWK Kotawaringin Barat, telah menetapkan bahwa wilayah mana yang nantinya akan dijadikan kawasan industri dan potensi lain yang saya lihat, adalah ketersediaannya bahan baku untuk industri dimana bahan baku tersebut berasal dari CPO,” jelasnya.

Dirinya berharap, pihak pemerintah baik itu Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah bisa memberikan dukungan, agar Kotawaringin Barat bisa menjadi Kawasan Industri, baik dari sisi perizinan maupun infrastruktur. Dengan catatan pihak Perusahaan diminta untuk mengutamakan masyarakat lokal.

“Untuk masalah ketenagakerjaan, kita meminta agar pihak perusahaan lebih mengutamakan masyarakat lokal, khususnya disiplin ilmu yang bisa dilakukan oleh masyarakat lokal, kecuali bagian khusus yang memang harus ditangani oleh orang-orang professional dan pada intinya, kita mendukung wilayah Kotawaringin barat menjadi kawasan industri,”tegas Jubair.

Dengan dijadikannya Kobar sebagai Kawsan Industri, selain dapat merubah perekonomian masyarakat akan berdampak kepada masyarakat di kabupaten tetangga terutama yang diwilayah Kowaringin diatanra Kotim, Seruyan, Lamandau dan Sukamara akan mendapatkan dampak tersebut. (ta/One)

FB_IMG_1535879238052 Gamma

TINGGALKAN KOMENTAR