Kirab Pemuda akan Singgahi Kota Palangka Raya, Ini Kegiatannya

0
151
Saat rapat persiapan kedatangan Peserta Kirab Pemuda di Palangka Raya, Kalteng di Aula Dispora Kalteng Jum'at (12/10) lalu

Kobar News, Palangka Raya – Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemuda dan Olah raga Provinsi Kalimantan Tengah, Falery Tumah mengatakan pada tanggal 19 Okteber 2018 nanti, Kota Palangka Raya, Kalteng akan disinggahi peserta Kirab Pemuda.

Kirab Pemuda merupakan pawai atau perjalanan napak tilas kebhinekaan dalam mendirikan dan membangun NKRI dengan melintasi seluruh provinsi di Indonesia. Kirab Pemuda yang diikuti oleh pemuda seluruh Indonesia yang diwakilkan dalam setiap provinsi dua peserta serta dibagi dalam dua zona. Dan yang akab singgah ke Palabgka Raya merupakan Zona 1.

“Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana tepat untuk memfasilitasi para pemuda agar dapat meningkatkan kreativitas, kapasitas, kemandirian, daya saing, dan nilai patriotisme, sehingga dapat membangkitkan semangat nasionalisme untuk membangun bangsa, menjaga kebhinnekaan, persatuan dan kedaulatan NKRI,”ungkap Falery Tuwan didampingi Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kalteng, Agus Siswadi kepada Kobar News, Senin (15/10).

Kirab Pemuda sendiri, lanjut Falery, akan memberikan wahana kebhinekaan, persamaan, persaudaraan, dan persatuan pada masyarakat (khususnya pemuda) serta penyebar jiwa toleransi, hormat, dan menghargai segala perbedaan (kebhinekaan) di masyarakat.

“Dan juga pemuda sebagai penjaga kebhinekaan budaya bangsa untuk mendukung pembangunan nasional,”ucapnya.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pemuda, Agus Siswadi menjelaskan, Kirab Pemuda sendiri menurut peraturan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) No 3 Tahun 2018 adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan kepemudaan, melalui perjalanan pemuda dengan melintasi antar pulau di Indonesia.

Kegiatan itu sendiri akan di hadiri oleh para pemuda dari berbagai wilayah di Indonesia. Para pemuda akan datang dan berkumpul di Kota Palangka Raya, Kalteng selama lima hari.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut, Dinas Pemuda Olah raga (Diapora) Kalteng akan menyiapkan berbagai macam kegiatan yaitu, Deklarasi Pemuda, Temu Komunitas Pemuda, Bakti Sosial, Pawai Pemuda Kreatif, serta kunjungan wisata diantaranya Museum Balanga, Istana Isen Mulang, Tugu Soekarno, Rumah Betang dan Pusat kerajinan lokal. Selain itu Festival Tari, Lomba Busana etnik dan Festival Film Pendek.

“Karena kita ditunjuk sebagai daerah singgah, otomatis kita tuan rumah. Nanti akan ada acara inti yang ditentukkan kementerian dan ada acara tambahan dari kita. Dan pada Selasa (23/10) akan dilepas menuju Provinsi Kalimantan Selatan,”jelasnya.

Hasil dari kegiatan ini diharapkanbdapat memberikan pengetahuan baru untuk para pemuda Kalteng.Sebab di luar banyak sekali yang inginkan memecah belah persatuan pemuda di Indonesia dengan berbagai cara. (ta/One).

FB_IMG_1535879238052 Gamma

 

TINGGALKAN KOMENTAR