Pemkab Barsel Terima Sertifikat Eliminasi Malaria dari Kemenkes RI

0
331
Bupati Barsel, Eddy Raya Syamsuri Saat menerima penghargaan dari kementrian pendidikan RI beberapa waktu lalu di Jakarta.

IMG-20181006-WA0146 Iklan HUT TNI

Kobar News, Buntok – Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Ir.H.Eddy Raya Samsuri kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, kali ini dari kementrian kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) yang akan memberikan sertifikasi Eliminasi Malaria kepada kepala daerah di Indonesia.

Selain Kota Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Timur, untuk pemberian sertifikasi dari kemenkes RI tersebut juga akan diserahkan kepada Bupati Kabupaten Barsel, Ir. H.Eddy Raya Samsuri.

Iklan HUT Kobar (Srie Yantho Iklan HUT Kobar (Sarwani)

Pelaksanaan acara pemberian sertifikasi kepada tujuh kepala daerah yang berhasil mencegah perkembangan nyamuk didaerah dan menurunkan angka penyakit malaria dimasyarakatnya tersebut akan dilakukan di Surabaya pada 11 Oktober 2018.

Eddy Raya selaku Bupati Kabupaten Barsel kepada kobar news mengungkapkan bahwa keberhasilan mendapatkan sertifikasi eliminasi malaria sangat terkait peran serta masyarakat Kabupaten Barsel melalui Pos Malaria ditingkat Desa dan Kader Malaria Desa di Kabupaten Barsel. Selain itu, alhamdulillah pemerintah kabupaten Barsel juga menjalin kemitraan melalui Gerakan Berantas Malaria serta mendorong peran swasta dengan skema tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Iklan HUT Kobar (BSM) Iklan HUT Kobar (Best)

“Banyak tantangan yang dihadapi dalam upaya eliminasi malaria, antara lain belum adanya pengobatan efektif dan ketersediaan antimalaria yang terbatas sehingga kita perlu mewaspadai malaria dengan melalui pencegahan-pencegahan,” ucap Eddy Raya, Selasa (9/10).

“Kami selaku jajaran pemerintah Kabupaten Barsel, sejak mengetahui terbitnya Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 293/MENKES/SK/IV/2009 tanggal 28 April 2009 tentang Eliminasi Malaria di Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang hidup sehat, terbebas dari penularan malaria secara bertahap sampai tahun 2030, telah banyak berkoordinasi dengan dinas terkait dan menginformasikan kepada masyarakat agar mewaspadai perkembangan penularan penyakit malaria dari kondisi lingkungan ditempat warga,” tambah Eddy Raya.

“Alhamdulillah, beberapa indikator sebuah daerah bebas malaria di kabupaten Barsel bisa kita tangani saat ini sehingga mendapatkan sertifikasi eliminasi malaria dari kemenkes RI lusa nanti,” pungkas putra almarhum H.Asmawi Agani (Gubernur Kalteng 2005-2010). (ATT/One)

Iklan HUT Kobar (BGA) Iklan HUT Kobar (Andi Darmaji) 1 IMG-20181002-WA0004 IMG-20181002-WA0003 IMG-20181002-WA0005 IMG-20181002-WA0000Iklan HUT Kobar (Kuncoro)Iklan HUT Kobar (Bupati Barsel)

TINGGALKAN KOMENTAR