Setelah Kaukus Perempuan Parlemen, Andina Akan Bentuk Kaukus Perempuan Politik

0
226
Saat Ketua Kaukus Perempuan Parlemen Kalteng, Andina Theresia Narang menyerahkan cenderamata

Kobar News, Palangka Raya – Untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam berpolitik, Ketua Kaukus Permpuan Parlemen dalam waktu dekat akan membentuk Kaukus Perempuan Politik Kalteng yangana anggotanya merupakan Kaum perempuan yang aktif dalam kepengurusan partai politik di Kalteng.

Ketua Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Andina Theresia Narang mengungkapkan, bahwa dalam waktu dekat akan segera dibentuk lagi Kaukus Perempuan Politik (KPP) Kalteng dimana dalam kepengurusan maupun anggotanya merupakan Kaum Hawa yang aktif dalam kepengurusan Partai politik di Bumi Tambun Bungai.

“Kami baru saja ke Bali, disana kita bertukar pikiran, karena di Kalteng belum ada Kaukus Perempuan Politik. Dan saya diminta oleh Ketua Kaulus Perempuan Parlemen untuk membentuk Perempuan Politik di Kalteng. Kaukus Perempuan Parlemen sifatnya terbatas, karena anggotanya hanya anggota dewan perempuan, sedangkan Kaukus Perempuan Politik anggotanya lebih luas lagi, yakni seluruh kaum perempuan yang sedang aktif di seluruh partai-parti politik yang ada boleh masuk sebagai pengurus atau anggota. Tujuan Kaukus Perempuan Politik sama dengan Kaukus Perempuan Parlemen yakni sama-sama ingin meningkatkan kapasitas wanita perempuan,”Pungkasnya”ungkapnya di Gedung Dewan, Rabu (26/9).

Srikandi Komisi D DPRD Kalteng dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng I, Meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota palangka Raya ini juga mengatakan, hal ini sedang di bahas dan diharapkan sudah bisa terlaksana di tahun 2019, dimana ruang lingkup Kaukus Perempuan Politik lebih luas lagi dari pada Kaukus Perempuan Parlemen.

“Nantinya KPP Kalteng ingin mengelar seminar skala besar target awal kita adalah kaum muda-mudi SMA dan mahasiswa. Disana kita akan berbicara bagaimana meningkatkan kaum milenial atau anak muda. Karena mereka sensitif namun menarik. Pada tahun 2019 kita ingin meningkatakan pemilih milenial untuk berpartisifasi aktif memilih presiden, dan wakil rakyat presiden, serta memilih jajaran anggota legisaltif baik DPRD Kabupaten/Kota, juga DPD, DPR RI,”Ujarnya.

Kaukus Perempuan Parlemen dan Kaukus Perempuan Politik untuk memberikan pemahaman yang benar kepada kaum milenial untuk memilih calon pemimpin atau wakilnya di lembaga legislatif.

“Kita cukup bangga karena di DPRD Kalteng ada hampir 30 persen kaum perempuan duduk sebagaiw akil rakyat, di Bali belum sampai 20 persen. Kita apresiasi bagi partai politik yang menyediakan tempat 30 persen bagi kaum perempuan sebagai calog legislatif,” ucapnya. (ta/One)

FB_IMG_1535879238052

 

TINGGALKAN KOMENTAR