Pertunjukan Seni ‘Bawi Lamus’ Cita-cita dan Masa Depan

0
444
Foto bersama Pengisi, Penggagas dan yang terlibat di dalam Pertunjukan 'Bawu Lamus'

Kobar News, Palangka Raya – Keinginan untuk mengangkat seni tradisi Suku Dayak Kalimantan Tengah serta begitu banyak kebudayaan Dayak yang belum maksimal dikenal oleh masyarakat luas.

Mantan Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang bersama Sarana Praweda Utama (SPU) dan Frequent Productions akan mempilkan pertunjukkan seni Suku Dayak Kalimantan Tengah dengan Judul Bawi Lamus di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada 13-14 Oktober 2018.

“Pertunjukan Bawi Lamus pertunjukan tentang kondisi Kalimantan bukan hanya tentang keindahannya, namun juga tentang cita-cita masa depannya. Selain itu, Kita harus menjunjung tinggi adat, istiadat dan tradisi kita, jangan sampai punah, seni yang kita miliki, dan harus dilestarikan serta dikembangkan lebih luas lagi,”Ungkap Teras saat press rilis di Betang Eka Tingan Nganderang, Rabu (19/9).

Bawi Lamus adalah pertunjukan seni dan tradisi Suku Dayak Ngaju dan Suku Dayak Manyan dari Kalimantan Tengah yang dikolaborasikan dengan musik orkestra dengan kemasan modern.

“Dalam bahasa Dayak, Bawi Lamus berarti wanita cantik dan anggun. Energi yang dipancarkan oleh sosok istimewa Bawi Lamus diharapkan menjaga kelestarian lingkungan alam serta menata hubungan harmonis antar manusia dengan tetap berserah kepada Tuhan Yang Maha Esa,”jelasnya.

Penulis Naskah Bawi Lamus Paquita Widjaja mengatakan Kemistisan alam, kebijakan budaya, keunikan sejarah, dan keindahan manusia Kalimantan telah meniupkan pesona inspirasi seni bagi kami.

“Kami telah audisi dan berlatih sejak bulan Maret 2018. Audisi para penari diikuti oleh 75 penari terbaik dari 8 sanggar di Palangkaraya dan 26 penari yang akan tampil dalam pertunjukan Bawi Lamus,” ucapnya.

Pertunjukan seni Bawi Lamus merupakan ekspresi cinta pada Kalimantan Tengah, dan membawa kesenían tradisi lokal pada tatanan yang lebih besar, dan memperkaya Indonesia. (ta/One).

FB_IMG_1535879238052

TINGGALKAN KOMENTAR