Sekda Kalteng Lepas Relawan Kemanusiaan ke Lombok

0
353
Sekda Kalteng Fahrizal Fitri didampingi Kadinsos Kalteng serahkan peralatan ke Relawan

Kobar News, Palangka Raya – Pj Sekda Pimpin Pelepasan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kalimantan Tengah untuk misi kemanusiaan bencana alam provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Halaman Dinas Sosial Kalteng, Jalan Mayjen D.I Panjaitan, Palangka Raya, Rabu (5/9).

Acara tersebut dilepas oleh Penjabat Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri bersama dengan Kepala Dinas Sosial Kalimantan Tengah, Suhaemi dan dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kalteng drg. Yayuk Indriarti dan Kepala Ispektorat Sapto Nugroho.

Kepala Dinas Sosial Kalteng, Suhaemi mengatakan jumlah Tagana di Kalteng berjumlah 1045 orang dan yang aktif sebanyak 717 orang dan yang tidak aktif karena jadi egawai Negeri Sipil dan Pindah Domisili.

“Dan yang akan diberangkatkan ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebanyak 10 Tagana, 3 Orang Relawan PMI dan 5 orang sebagai Pendamping. Dan Relawan akan di tempatkan di Lombok Utara sebagai daerah yang paling parah kerusakan akibat gempa,”ungkapnya.

Lanjut Suhaemi, tugas dari Relawan Kalteng yang dikirim ke Lombok yaitu, memberikan pelayanan dukungan psikis sosial kepada korban bencana, kegiatan dapur umum, Air bersih dan sebagainya. Para Relawan kemanuasiaan Kalteng di NTB dengan waktu 10 Hari.

Penjabat Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan, Dirinya sudah menyampaikan kepada Gubernur Klateng H Sugianto Sabran dan bangga dari pemerintah dalam hal ini Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran menyambut baik bahwa ini adalah wujud kepedulian pemerintah provinsi warga Kalitengah terhadap bencana gempa bumi di NTB.

Sekda juga menyampaikan pemerintah provinsi juga akan membantu pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu kurang lebih 10 Miliar dan direncanakan akan disampaiakan pada bulan Oktober 2018. “Saya juga sudah membuat surat edaran kepada seluruh SKPD lingkup provinsi Kalteng untuk secara sukarela mengumpulkan bantuan, yang nanti juga akan kita kirim ke Nusa Tenggara Barat,” pungkasnya.

Sekda berharap bantuan itu bisa dalam bentuk uang sehingga bisa dibelanjakan sana sesuai dengan kebutuhan. (ta/One)

TINGGALKAN KOMENTAR