Antara Menginang dan Menyerap Aspirasi

0
680

Tidak banyak pemimpin yang ingin bercengkerama dengan warga terutama yang ada di perkampungan, mencicipi apa yang dimakan oleh warga kampung dan mendengarkan berbagai keluhannya, itulah yang dilakukan oleh Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Ahmadi Riansyah saat berada di Desa Pandau Kecamatan Arut Utara, lalu apa saja yang dilakukan orang nomor dua di sana ?

Muhammad Hasani,SH – Kobar News – Pangkalan Bun

Wakil Bupati Kobar, Ahmadi Riansyah, diam-diam, ternyata bisa menginang, suatu kebiasaan warga pedalaman atau orang tua, yang masih dilakukan terutama warga Dayak di Kecamatan Arut Utara.

Sebetulnya, kedatangannya di Desa Pandau Aruta untuk mengecek tingkat keberhasilan pekerjaan jalan konsorsium beberapa desa di Kecamatan Aruta, Kamis kemarin (23/03), namun setelah melintas, ada beberapa kelompok warga yang tengah istirahat santai.

Kesempatan ini, tidak dibiarkan oleh Wabup Kobar untuk lebih mengenal dari dekat dengan warganya, dengan didampingi beberapa orang perwakilan perusahaan konsorsium, dan Kades setempat, Wabup Kobar, Ahmadi Riansyah menyapa warga tersebut.

“Apa kabar, apa yang digawe neh,” sapa Ahmadi Riansyah. Tentunya warga sangat gembira yang disambangi orang nomor dua di Bumi Marunting Batu Aji ini.

Wabup Kobar kemudian melihat ada tempat penginangan yang berisi lembaran daun sirih, gambir, buah pinang, dan kapur, tidak ada waktu berbasa basi, dirinya minta untuk ikut menginang juga, layaknya warga kampung tersebut.

Menginang merupakan sarana untuk teman berbincang, layaknya orang minum kopi dan lintingan tembako.

“Menginang ini tidak asing bagi saya, dari kebiasaan melihat orang tua dulu, akhirnya ingin tau apa rasa menginang, dan dengan cara ini saya ingin dekat dengan mereka,” ujar Wabup Kobar, Ahmadi Riansyah kepada sejumlah awak media yang mengikuti kunjungan Wabup Kobar.

Menurut Wabup Kobar, berkumpul dengan warga sangat menarik, dapat menyerap aspirasi warga secara langsung, apa yang menjadi kelebihan desanya terlebih kekurangannya dapat diketahui secara langsung.

Banyak masyarakat menyampaikan keluh kesah terhadap Wabup Kobar, tak lupa pada saat mendengar keluhan masyarakat Desa Pandau, Wabup Kobar sambil menginang atau mengunyah daun sirih, gambir, kapur dan buah pinang. (One)

IMG-20180106-WA0109

 

TINGGALKAN KOMENTAR