Jembatan Sei Aruk Amruk Akibat Luapan Air hujan

0
684
Jembatan Sei Aruk yang runtuh sementara dibuatkan jembatan Darurat oleh Pemerintah Desa Sei Aruk
Jembatan Sei Aruk yang runtuh sementara dibuatkan jembatan Darurat oleh Pemerintah Desa Sei Aruk

Kobar News, Kuala Kapuas – Jembatan Sei Aruk Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas, Jum’at dini hari (02/03) Pukul 03.00 WIB ambruk diterjang luapan air akibat hujan deras, serta air kiriman dari hulu Sei Aruk.

Jembatan yang merupakan lintas Kalimantan, penghubung Kabupaten Barito Selatan dan Kota Palangka Raya ini pondasi muara jembatan tergerus oleh derasnya air dampak dari hujan yang datang terus menerus dengan intensitas tinggi.

IMG-20180106-WA0109

Hal itu diungkapkan warga Desa Sei Aruk, Hansli W.Sida, dan mengatakan kalau luapan air di Sei Aruk ini merupakan kiriman dari Kapuas Hulu, dan ponasinya tidak mampu menahan derasnya air.

“Kejadian dinihari atau subuh kurang lebih Pukul 03.00 WIB, kami taunya jembatan itu sudah ambruk, jadi tidak mengetahui persis karena warga sedang terlelap tidur, apalagi dengan turunnya hujan,” ujar Hansli kepada Kobar News melalui sambungan telpon selular, Jum’at (02/03).

Salon Erna

Kades Sei Aruk, Edie N.Sida kepada Kobar News juga membenarkan kejadian Jum’at dini hari tersebut, kalau jembatan yang dibangun Tahun 2015 oleh Dinas PU Kabupaten Kapuas tersebut ambruk pada muara jembatan.

“Ini dampak dari curah hujan yang tinggi, dan derasnya sungai Aruk membuat terkikisnya pondasi jembatan,” jelas Kades Sei Aruk, Edie N.Sida.Radang sendi

Jembatan tersebut langsung perbaiki Pemerintah Desa Sei Aruk bersama warga, bersifat darurat saja karena satu satunya lintas penghubung dari Desa Aruk ke Desa Timpah yang merupakan pusat perkantoran di Kecamatan Timpah, perbaikannya menggunakan kayu bulat berukuran diameter 15 cm sepanjang empat meter.

Ambruknya jembatan tersebut, berdampak kecelakaan, dan ada korban dua orang pemuda yang baru pulang dari Desa timpah, Pukul 04.00 WIB, dan tidak tau kalau jembatan itu ambruk, akibatnya ada luka di bagian kepala dan dagu, atas nama Yason dan Tio yang bergoncengan, pungkas Edie. (Fridol/One)

Iklan Alat Vital 2

TINGGALKAN KOMENTAR