Tim Rescue SKW II Evakuasi Satu Individu Orangutan Ke SM Lamandau

0
331

IMG-20180106-WA0109

Kobar News, Pangkalan Bun – Tim Rescue Satuan Kerja Wilayah II Pangkalan Bun BKSDA Kalaimantan Tengah telah mengevakuasi Satu individu Orangutan yang berada di Desa Sungai Raja Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara, Sabtu (24/02), keberadaannya telah membuat warga ssetempat ketakutan dan telah memakan tanaman warga.

Proses evakuasi terhadap satu incividu ini merupakan laporan warga Desa Sungai Raja Jelai, Krisno, Jum’at (23/02), telah adanya Orangutan yang sudah 15 hari ini telah masuk kampung dan memakan hasil tanaman warga setempat.

Iklan mobil Anzon

Kepala BKSDA Kalteng SKW II Pangkalan Bun, Agung Widodo membenarkan penemuan Satu Indovidu Orangutan tersebut atas laporan masyarakat, dan laporan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan mengirirmkan Tim Rescue SKW II Pangkalan Bun ke lokasi adanya Orangutan tersebut.

“Tim rescue langsung ke lokasi tersebut, dan benar adanya satu Individu Orangutan berjenis kelamin jantan, dengan berat kurang lebih 90 Kilogram dan berumur 17 tahun, dan berada di lahan pertanian cetak sawah,” jelas Agung Widodo.

Salon Erna

Dari keadaannya, jelas Agung, orangutan tersebut memang sedang mencari makan, dikarenakan hutan yang tersisa diwilayah tersebut sangat sedikit dan ketersediaan pakan yang tidak memungkinkan, mengakibatkan Orangutan kemungkinan lebih nyaman tinggal di lokasi konflik karena ketersediaan makanan sangat mendukung, seperti adanya tanaman padi, nanas, pisang dan tebu.

Kemudian lanjut Agung, dampak dari kehadiran Orangutan tersebut, masyarakat mengalami kerugian, dengan rusaknya tanaman tebu dan pisang, selain itu juga, masyarakat tidak berani beraktivitas di sawah.

Dijelaskan Agung, saat ini tim rescue sedang proses evakuasi dan menuju perjalanan ke Pangkalan Bun, dan Orangutan tersebut akan di translokasi di Suaka Margasatwa Lamandau, Senin (26/02) besok. (One)

Iklan Alat Vital 2

TINGGALKAN KOMENTAR