Supeeer….!!! Warga Binaan Lapas Pangkalan Bun Menampilkan Tarian Saat Diresmikan Gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng

0
1204
Tim Seni dan Tari Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, sebelum tampil melakukan foto bersama dengan Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Arief Gunawan

Iklan Nam Air

Salah satu aksi tarian yang dipersembahkan dalam acara peresmian Gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng (07/11)
Salah satu aksi tarian yang dipersembahkan dalam acara peresmian Gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng (07/11)

 

Kobar News, Palangka Raya – Ada yang unik dari kegiatan peresmian gedung Kantor Wilayah (Kanwil) kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yakni ditampilkannya ajang kreativitas seni oleh Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Pangkalan Bun.

Berbagai Tarian dan kesenian yang dipersembahkan oleh Napi Lapas Kobar mampu memukau dan mendapat pujian dari seluruh tamu undangan yang menghadiri peresmian gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng, Selasa (07/11).

Anzon

Pujian dari berbagai pihak tertuju kepada Kepala Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Arief Gunawan yang mendampingi Napi berangkat dari Kabupaten Kobar menuju Kota Cantik Palangka Raya dalam rangka mengikuti dan menghadiri rangkaian kegiatan peresmian gedung baru Kanwil Kemenkumham Kalteng di Jalan Adonis Samad, Kecamatan Pahandut, Palangka Raya.

Ketika ditemui Kobar News disela kegiatan tersebut, Arief Gunawan mengungkapkan bahwa ketika awal dirinya ditugaskan sebagai kepala Lapas Pangkalan Bun, secara perlahan melakukan pendekatan terhadap Napi dengan berdialog dengan memberikan hak, kewajiban dan larangan yang harus diketahui oleh para Napi.

Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Arief Gunawan (Kacamata Hitam) bersama para Kalapas se Kalteng usai acara peresmian gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng di Palangka Raya (07/11)
Kalapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Arief Gunawan (Kacamata Hitam) bersama para Kalapas se Kalteng usai acara peresmian gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng di Palangka Raya (07/11)

“Setelah itu, kita menyampaikan visi misi, kemudian kita rangkul untuk dilakukannya semua pembinaan yang diberikan didalam Lapas Paangkalan Bun. Dari situlah kita dapat mengasah dan melihat potensi yang ada untuk diarahkan dan diberikan motivasi sehingga menjadi yang terbaik se Kalteng saat ini. Kalau untuk Tarinya, Alhamdulillah, kami terbaik se Kotawaringin Barat,” ucapnya.

“Tadi di acara peresmian gedung Kanwil Kemenkumham Kalteng di Palangka Raya ini, kami menampilkan seni tarian Pesisir, tarian Dayak dan tarian Reok. Kenapa tarian Reok saya masukkan, karena ada falsafahnya, pertama yaitu dari hari Dharma Karyadhika, ulang tahun Kemenkumham adalah lambangnya kuda. Dan falsafah yang kedua adalah dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung. Jadi semua berkumpul menjadi satu baik dari Dayak, Jawa dan dari pesisir sehingga dapat menampilkan tiga tarian berbagai budaya menjadi yang satu kesatuan yang indah ditampilkan dalam moment seperti ini,” tambah Arief.

Ketika ditanya pembinaan apa saja yang dilakukan di Lapas Pangkalan Bun, selain seni tersebut, Arief mengatakan bahwa juga ada pembinaan olahraga senam yang mana dari lima Napi diantaranya Napi wanita empat dan Napi laki-laki satu. Mereka sudah mendapatkan sertifikat pelatih senam dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kobar. Jadi di Lapas Pangkalan Bun itu setiap hari Napi melakukan senam hingga Pukul 08.00 pagi.

Kedepan, dirinya berharap ingin membawa Pramuka, karena pramuka telah didirikan sejak dirinya bertugas. bahkan ingin membawa mengikuti Jambore Narapidana, biasanya dilaksanakan setiap dua tahun sekali di Cibubur, pungkas Arief Gunawan. (ATT/One)

IMG-20171012-WA0106

TINGGALKAN KOMENTAR