Pelajar Kobar Menjadi Relawan Cegah Karhutla

0
760
Jpeg

iKLAN 1-2
Kobar News, Pangkalan Bun – Sebanyak 100 orang pelajar tingkat SMA / SMK sederajat dilibatkan menjadi relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotawaringin Barat, dan langsung mengikuti Sosialisasi dan pelatihan Kesiapsiagaan Pencegahan kebakaran hutan dan lahan, Rabu (27/09) di Aula Antakusuma Pangkalan Bun.

Kepala BPBD Kobar, Hermon F Lion melalui Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana, Reneli mengatakan bahwa pelajar yang dilibatkan menjadi relawan BPBD sebanyak 100 orang dari 12 sekolah yang ada dalam kota Pangkalan Bun.

Adapun tujuan kegiatan tersebut, dijelaskan Reneli dalam upaya pencegahan dan Kesiapsiagaan, dalam upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kotawaringin Barat.

“Generasi muda salah satu ujung tombak dalam program penyebarluasan informasi pencegahan karhutla dan para pelajar merupakan kader penerus yang nantinya mampu menjadi contoh dalam pembangunan pencegahan bencana,” ujar Reneli.

Sebab menurutnya komunitas sekolah merupakan elemen krusial di masyarakat yang berperan penting dalam proses edukasi terutama sebagai salah satu komponen pembelajaran untuk mengurangi resiko kebakaran lahan dan hutan serta mampu melakukan pencegahan tingkat awal.

Para pelajar yang telah mengikuti pelatihan ini menurutnya diharapkan dapat memberikan informasi kepada teman teman disekolahnya dan kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan.

Sehari sebelumnya juga telah dilaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi relawan BPBD yang anggotanya dari masyarakat beberapa desa di Kabupaten Kobar, terutama bagi desa yang masuk wilayah rawan kebakaran, sebanyak 160 orang. (One)

TINGGALKAN KOMENTAR