Ratusan Bantuan Diberikan Saat Lounching Patroli Karhutla

0
985

Kobar News, Palangka Raya – Lounching Patroli Terpadu Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) Tahun 2017 dilaksanakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Jum’at (08/09) di Palangka Raya.

Ratusan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk pengendalian Karhutla yang berasal dari pusat kini telah diserahkan ke desa dan kelurahan serta dan masyarakat di Kalteng melalui pemerintah di lingkup Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Ir. Sri Suwanto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran aktif masyarakat dalam rangka penanganan dan pengendalian serta pencegahan Karhutla di daerah Provinsi Kalteng.

“Sebanyak 127 unit pompa air jenis jet shot, 34 unit tablet dengan aplikasi peringatan dini dan sekitar 90 unit motor untuk kebutuhan pencegahan Karhutla diserahkan”, ucapnya kepada para awak media.

Bantuan ini diharapkan dapat membangun kekuatan dan kebersamaan antara TNI, Polri dan Manggala Agni serta masyarakat Kalteng dalam upaya pencegahan Karhutla.

Berikut daftar desa atau kelurahan yang mendapatkan bantuan :
1. Palangka Raya, sebanyak 8 kelurahan
2. Kobar sebanyak 7 desa
3. Murung Raya sebanyak 2 desa.
4. Kotim sebanyak 2 desa.
5. Barsel sebanyak 4 desa.
6. Barut sebanyak 3 desa.
7. Gunung Mas hanya 1 desa.
8. Katingan sebanyak 4 desa.
9. Pulang Pisau sebanyak 8 desa.
10. Kapuas sebanyak 3 desa.
11. Bartim sebanyak 2 desa.
12. Sukamara hanya 2 desa.

Sementara itu, Sekda Kalteng, H. Mugeni mengatakan bahwa meningkatkan kesolidan baik kerjasama hingga koordinasi yang baik antar pemerintah provinsi dan kabupaten sangat diharapkan peran aktif dalam mencegah Karhutla di Kalteng tahun ini.

Dirinya mengapresiasi yang sangat tinggi kepada semua komponen yang selama ini siaga dan berjalan aktif dalam usaha pencegahan serta pengendalian Karhutla di Kalteng. (ATT/One)

TINGGALKAN KOMENTAR