Lokasi Penemuan Diduga Mortir, Steril Dari Benda Logam

0
1164

IMG-20170905-WA0088

Kobar News, Pangkalan Bun – Heboh Penemuan benda diduga Bom pesawat (Mortil) oleh warga RT. 9, RW. 2, Desa Sei Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Senin (04/09) siang, membuat sejumlah masyarakat mulai mendatangi lokasi tempat penemuan benda asing tersebut.

Subden 2 Detasemen B Pelopor Polda Kalteng, yang sudah melakukan pemeriksaan dilapangan, Selasa (05/09) mulai melakukan sterilisasi di TKP, dengan melarang warga mendekati lokasi penemuan benda diduga bahan peledak (Handak) tersebut.

Kepala Subden 2 Detasemen B Pelopor Polda Kalteng AKP Richard menjelaskan, lokasi penemuan harus steril dari warga yang ingin melihat secara langsung penemuan benda diduga Bom pesawat tersebut, mengingat belum diketahui apakah benda tersebut mortir (bom pesawat) atau bukan, dan belum diketahui secara pasti jika penemuan benda tersebut benar mortir, apakah bahan masih aktif atau tidak.

“Sesuai SOP warga setempat tidak boleh lagi mendekati penemuan benda asing tersebut, bahkan bahan yang mengandung logam seperti Arloji, Handphone dan sejenisnya harus di lepas dan dinonaktifkan saat mendekati TKP,” ujar AKP Richard, Selasa (05/09).

Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan terlebih hingga saat ini petugas masih belum bisa memastikan benda jenis apa yang ditemukan tersebut, dan jika penemuan tersebut merupakan handak yang masih aktif tentu akan menjadi pemicu ledakan jika bertemu logam yang terdapat pada Arloji maupun Handphone.

“Himbauan ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, karena hingga saat ini kita belum bisa memastikan benda apa yang kita temukan saat ini,” ujar Richard.

Hinga berita ini diturunkan, Selasa (05/09) sore, tim dari Subden 2 Detasemen B Pelopor Polda Kalteng, masih melakukan pemeriksaan di TKP, untuk memeriksa penemuan benda kedua yang diduga satu bagian (patahan) dengan bagian benda pertama yang telah lebih dulu ditemukan. (Igo/One)

TINGGALKAN KOMENTAR