Lahan Gambut Di Kelurahan Mendawai Seberang Terbakar

0
686
Tim Karhutla Kobar melakukan simulasi pemadaman lahan gambut yang ada di Mendawai Seberang dalam upaya kesiapannya menghadapi musim kemarau

iKLAN 1-2 Re Iklan iZaura

Kobar News, Pangkalan Bun – Kepulan asap hitam membumbung tinggi di tengah kerumunan masyarakat. Api yang berasal dari lahan yang dibakar oleh salah seorang warga sekitar dengan cepat merembet ke lokasi lainnya lantaran hembusan angin kencang.

Kebakaran Lahan yang terjadi di pinggir alan penghubung dari Pangkalan Bun ke Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), ini sontak menjadi perhatian masyarakat yang kebetulan melintas di lokasi tersebut.

Tim gabungan yang cepat tanggap, merespon langsung kejadian, dengan menerjunkan sejumlah anggota untuk upaya pemadaman dini. tak hanya itu mesin pemadam api terapung (portable), hingga mesin pemadam ukuran besar turut diterjunkan untuk memadamkan api.

Kegiatan ini merupakan simulasi penanganan pertama jika terjadi kebakaran lahan dan hutan gambut di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang di gelar dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup dan Apel Siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Pasar Tempadung, Km 5. Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Kelurahan Mendawai Seberang.

“Ini hanya bagian dari simulasi penanganan jika terjadi Karlahut, karena sekarang kita sudah memasuki musim kemarau dan rawan akan terjadinya kebakaran lahan dan hutan, dengan adanya simulasi ini petugas gabungan bisa belajar secara langsung apa saja yang perlu dilakukan dilapangan jika terjadi Karlahut nanti,” kata Syahroni pembawa acara menjelaskan kepada seluruh tamu undangan yang hadir.

Dalam kegiatan simulasi ini, selain berhasil memadamkan api, petugas juga berhasil mengaman dua orang pelaku pembakaran yang diperagakan oleh warga setempat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Bupati Kobar Hj Nurhidayah, Anggota DPR-RI Hamdani, SOPD, unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, sejumlah organisasi pecinta lingkungan.(Igo/One)

benner 2

TINGGALKAN KOMENTAR