Kejari Kobar Musnahkan Barang Bukti Hasil Tindak Pidana

0
850
Kepala Kejari Kobar, Bambang Dwi M, dan beberapa perwakilan dari Polres Kobar, Bea Cukai Pangkalan Bun, dan Kepala BNNK Kobar memusnahkan sejumlah barang bukti, Kamis (03/08) di Halama Kantor Kejari Kobar

Re Iklan iZaura iKLAN 1-2

Kobar News, Pangkalan Bun – Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kamis (03/08) memusnahkan barang bukti hasil tindak pidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrach) dipersidangan, periode Tahun 2016 hingga Agustus 2017.

Pemusnahan barang bukti dinataranya Senjata api rakitan, Narkoba, Miras, Pil koplo, Turut di hadiri Kepala BNNK Kobar, perwakilan Dinas Kesehatan, Pengadilan Negeri Pangkalan Bun, Bea Cukai, dan Polres Kobar.

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotawaringin Barat, Bambang Dwi Murculono mengatakan, Barang bukti yang dimusnahkan diantaranya Narkotika, Senpi rakitan, Airsoftgun, Jaring troll, termasuk juga barang bukti dari perkara Judi, KDRT, dan lain lain.

“Semuanya merupakan perkara dari Tahun 2016 hingga Agustus 2017, ini kita musnahkan karena sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrach) dan tidak ada upaya hukum lagi sehingga kita musnahkan,” kata Bambang usai kegiatan pemusnahan barang bukti di halaman kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis (03/08).

Pemusnahan barang bukti narkoba dilakukan dengan cara dilarutkan kedalam air berisi cairan pembersih lantai, sedangkan Pil Koplo dimusnahkan dengan cara dibakar, untuk senpi rakitan dan Handphone dimusnahkan dengan cara dihancurkan menggunakan palu.

“Ada sekitar 5000 butir lebih Pil Koplo, 300 botol Beer, 2 buah Senpi, 2 buah Airsoftgun, dan banyak lagi seperti yang kita musnahkan bersama tadi,” jelas Bambang kepada awak media.

Kajari menambahkan, dari barang bukti yang dimusnahkan diketahui adanya jumlah peningkatan kasus yang berhasil di ditangani oleh Kejari Kobar, jika dibandingkan pada Tahun 2016 lalu.

Seperti contoh pada kasus narkoba pada Tahun 2016 lalu sedikitnya ada 38 kasus yang berhasil diselesaikan, sedangkan pada Tahun 2017 Bulan Agustus saja, Kejari Kobar sudah berhasil menyelesaikan 33 kasus narkoba yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap, dan ini akan terus bertambah hingga akhir 2017 nanti. (Igo/One)

benner 2

TINGGALKAN KOMENTAR