Petani Bawang Merah Kumpai Batu Atas Keluhkan Air

0
1065
Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah sedang melihat melihat tanaman Bawang Merah di Desa Kumpai Batu Atas

Re Iklan iZaura iKLAN 1-2

Kobar News, Pangkalan Bun – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Hj.Nurhidayah dalam dua hari ini melakukan monitoring terhadap perkebunan Bawang Merah yang ada di Desa Purbasari Kecamatan Pangkalan Lada, Selasa (25/07) dan Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan, Rabu (26/07), Bupati Kobar bersama Dandim 1014 Pangkalan Bun, juga Suaminya, Haji Ruslan.AS, terus memberikan arahan kepada Kelompok Tani 18 Desa Kumpai Batu Atas, yang diketuai Hery.

Berbagai kendala telah disampaikan Ketua Kelompok Tani 18, Hery dan beberapa anggotanya, terutama terkait dengan kekurangan air dan kekurangnn modal untuk pengembangan perkebunan bawang merah.

“Begini Bu Bupati, dalam bertanam bawang merah ini, tidak terlepad dari air yang selalu harus disiram, namun kesulitan dalam persediaan air, memang disana ada sumber air, hanya saja kesulitan untuk menggali penampungan airnya,” ujar Hery kepada Bupati Kobar, Hj.Nurhidayah.

Bupati Kobar, langsung merespon cepat yang menjadi keinginan petani terhadap kekurangan air, dan meminta kepada Dinas Perkebunan, Ketahanan Pangan dan Holtikultura, untuk membantu menyiapkan sarana penggalian lubang penampungan air, dan meminta untuk tidak menunda terlalu lama, “Sore ini alat berat itu harus ada,” ujar Nurhidayah.

Berkenaan dengan kekurangan modal yang juga menjadi kendala para petani, Bupati langsung merespon dan memberikan solusi, yakni dengan mendorong terbentuknya BUMDes, dimana program kerjanya nantinya dalam memanfaatkan Anggaran Dana Desa tidak selalu diarahkan ke bidang pembangunan fisik, namun juga diarahkan kepada untuk pemberdayaan masyarakat dengan pengadaan peralatan penunjang pertanian.

“Anggaran Dana Desa harus lebih terarah, porsi pembangunan fisik boleh, tapi tidak selalu menjadi prioritas utama, arahkan juga untuk pengembangan pemberdayaan masyarakat lewat permodalan kelompok tani misalnya,” jelas Bupati Kobar.

Disisi lain, Bupati Kobar juga menjelaskan kalau Pemkab Kobar memiliki Perusahaan Daerah (PD) Bank Perkeriditan Rakyat (BPR), manfaatkan kemudahan dalam meminjam uang untuk keperluan penambahan modal. (One)

benner 2

TINGGALKAN KOMENTAR