Soal Pengguna Trawl, Nelayan Protes Ke Kantor Camat Kumai

0
617
Camat Kumai, Teguh Minarno dan unsur Tripika menerima perwakilan nelayah dan menerima aspirasi terkait penggunaan pukat trawl

iKLAN 1-2Re Iklan iZaura

Kobar News, Pangkalan Bun – Puluhan Nelayan dari berbagi desa yang ada di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Jumat kemarin (14/07) mendatangi Kantor Kecamatan setempat, meminta untuk menindak tegas para nelayan nakal pengguna Trawl, atau yang biasa dikenal warga dengan sebutan jaring Apolo, yang biasa beroperasi di laut Kumai atau sekitar pantai Kubu.

Nelayan (kecil) tradisional keberatan akan keberadaan para oknum nakal tersebut lantaran, penggunaan trawl selain dilarang karena dapat menggangu ekosistem laut, juga berdampak pada hasil tangkapan nelayan tradisional setempat yang berkurang akibat dimonopoli oleh para pengguna jaring apolo (trawl).

Camat Kumai, Teguh Winarno mengatakan, pihaknya sudah menampung aspirasi masyarakat dengan menerima empat orang perwakilan dari mereka untuk mencari solusi bersama terkait hal ini. meski belum mendapatkan kesepakatan dari kedua belah pihak, ia mengaku sudah merumuskan beberapa point penting.

“Belum ada kesepakatan, namun kita sudah merumuskan secara bersama dengan pihak terkait, antara nelayan (kecil) tradisional dangan nelayan pengguna trawl agar membuat zonasi atau batas wilayah sehingga sama-sama tidak merasa dirugikan, rencananya hari Senin depan kita akan pertemukan keduabelah pihak, untuk menyepakati ini,” Kata Teguh, saat dikonfirmasi awak media usai menerima perwakilan dari nelayan. Jumat (14/07) siang.

Kemudian, Camat melanjutkan, kami dari pihak Kecamatan, mewakili Pemda Kobar, akan konsultasi dengan pimpinan (Bupati) meminta petunjuk untuk masalah pengawasan dilapangan. karena penggunan trawl ini meski dilarang penggunaannya, berdasarkan kesepakatan Pemerintahan Pusat masih di berikan kelonggaran kepada penggunanya hinga akhir Desember mendatang, karena menyangkut nasib dan kesejahteraan para nelayan yang bergantung pada pendapatan dari hasil trawl tersebut. (Igo/One)

benner 2

TINGGALKAN KOMENTAR