Gubernur Kalteng Tanam Perdana Pola Kemitraan Sawit

0
1432
Gubernur Kalteng sedang melakukan penanaman perdana pola kemitraan di Desa Kumpai Batu Atas

Iklan KadinBEST RAMADHAN 1

Kobar News, Pangkalan Bun – Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran melakukan penanaman perdana Pola Kemitraan Perkebunan Kelapa Sawit PT.Citra Borneo Indah (CBI) grup dengan masyarakat Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan,  Rabu, (21/06) menggelar penanaman perdana kebun kelapa sawit swadaya masyarakat dengan sistem pola kemitraan (Plasma) bekerjasama dengan PT. Sawit Sumbemas Sarana anak perusahaan milik Citra Borneo Indah (CBI), yang dipimpin langsung oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran di Desa Kumpai Batu Atas, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kobar.

Kegiatan dihadiri oleh Sejumlah Bupati se-Kelimantan Tengah itu, juga turut di hadiri Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Ir Bambang, serta pendiri sekaligus pemilik CBI group H. Abdul Rasyid AS.

ASTRA RAMADHAN 1 BGA RAMADHAN2

Bupati Kobar, Hj Nurhidayah mengatakan Kabupaten Kobar, dengan luas 1.075.900 Ha, yang terdiri dari 6 Kecamatan dan 94 Desa/Kelurahan mempunyai potensi sumber daya lahan yang sangat potensial untuk sektor pertanian. Pembangunan sub sektor pertanian di Kobar dititikkan pada 4 sub sektor yaitu tanaman pangan, perkebunan, peternakan, dan sub sektor perikanan.

“Struktur perekonomian di Kobar saat ini menunjukkan bahwa, usaha perkebunan menjadi salah satu faktor penggerak utama kemajuan daerah, oleh karena itu diperlukan langkah revitalisasi agar kinerja pembangunan atau usaha perkebunan di daerah ini mencapai potensi yang maksimal salah satunya dengan langkah yang kita lakukan seperti saat ini, yaitu membangun pola kemitraan perkebunan dengan masyarakat,” Kata Nurhidayah.

dprd RAMADHANIMG-20170530-WA0030

Semantara itu pendiri sekaligus pemilik Perusahaan CBI group, H. Rasyid AS, mengatakan, Kemitraan antara Perusahaan dengan masyarakat berupa Plasma ini sudah berjalan sejak lama, dan pada hari ini Plasma yang dibantu sebanyak 10.000 bibit, yang dibagikan secara cuma-cuma, dan itu belum termasuk palasma yang sebelumnya sudah kita kelola diantaranya ada palasma TKD, Binaan, dan Swadaya.

“Untuk tahun ini jumlah total bantuan bantuan sekitar 500.000 bibit, dan yang kita berikan bukanlah sembarang bibit melainkan bibit-bibit pilihan, seperti Sokfin, PPKS, Lonsum, dan lainsebagainya, jadi kalau masyarakat tanam bibit kita minimal dia dapat 2 ton/hektar dalam 1 bulan,” Kata H. Rasyid, disela-sela sambutannya saat menghadiri penanaman bibit sawit perdana swadaya di Desa Kumpai Batu Atas.

IMG-20170527-WA0034benner 2

Sementara itu Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyambut baik kemitraan yang dibangun oleh perusahaan untuk masyarakat khususnya Kobar, Gubernur berharapharap agar bibit ditanam dan dijaga dengan baik, sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat sekitar. tak hanya itu ia juga meminta agar perusahaan perkebunan yang ada di Kobar, untuk meniru pola kemitraan yang telah dibangun CBI Group. (Igo/One).

TINGGALKAN KOMENTAR