Buka Puasa Bersama Lintas Agama di Gereja Efrata

0
880
Bentuk Keragaman antar umat Beragama di Kalimantan Tengah dalam Bingkai Huma Betang

IMG-20170612-WA0071 Iklan Kadin

Kobar News, Palangka Raya – Sejumlah tokoh lintas agama menggelar acara buka puasa bersama di Gereja Efrata Jalan Cakra Buana No.01 Palangkaraya, Rabu kemarin (14/06), yang juga dihadiri Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm M Naudi Nurdika, Dandim 1016/Plk, Letkol Czi Alfius Navirinda Krisdinanto, dan Kapolres Palangka Raya, AKBP Lili Warli.

IMG-20170610-WA0013IMG-20170527-WA0034

Menariknya lokasi Gereja Efrata tersebut bersebelahan langsung dengan Masjid Nurul Iman, Hal ini membuktikan bahwa sudah sejak dahulu bahwa masyarakat Kalimantan Tengah  sangat  rukun dalam kehidupan antar umat beragama sesuai dengan filsafat masyarakat dayat “Huma betangnya “, dan ternyata hal yang serupa juga ditemukan dibeberapa lokasi di kota cantik ini.

BEST RAMADHAN 1 ASTRA RAMADHAN 1

“Ditempat inilah ada gereja dan masjid yang berdampingan yang merupakan bukti bahwa masyarakat di Kalimantan Tengah sangat mempunyai toleransi yang sangat luar biasa sejak dahulu kala, hal ini dapat menjadi contoh untuk daerah.- daerah lainnya,” ujar Danrem 102/Pjg, Kolonel Arm M Naudi Nurdika dalam sambutannya pada acara buka puasa tersebut.

dprd RAMADHAN BGA RAMADHAN2

Dirinya sangat mengapresi kegiatan itu dan memberikan penghargaan yang setinggi tinggi kepada seluruh panitia yang sudah melaksanakan kegiatan buka puasa lintas agama ini yang menyatukan seluruh umat beragama. “Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri tentunya bagi kita selaku bangsa Indonesia, disinilah letaknya keberanekaragaman atau kebhinekaan bangsa Indonesia.

IMG-20170530-WA0030iKLAN 1-2

Disisi lain Pdt. Gudmar Untung, Ketua Majelis Resort Palangka Raya Tengah, mewakili umat Kristen, merasa bangga dalam kebersamaan seperti ini dan mengharap kegiatan – kegiatan seperti ini bisa berlanjut untuk kebersamaan kita sebagai anak bangsa.

“Kita akan menjaga toleransi yang baik di Palangka Raya khususnya dan umumnya di Kalimantan Tengah yang terkenal dengan semboyan Bumi Tambun Bungai Bumi Pancasila” dikatakan Pdt Gudmar Untung.

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk untuk memperat persatuan dan kesatuan serta kebhinnekaan di Kalimantan Tengah. Dan terselenggara atas kerja sama persekutuan gereja- gereja wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dan Korem 102 Panju Panjung. (Agus/One)

TINGGALKAN KOMENTAR