Anak Usia 0 Bulan Sudah Bisa Miliki Kartu Identitas

0
834

IMG-20170527-WA0034IMG-20170530-WA0030

Kobar News, Pangkalan Bun – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), sejak dua minggu terakhir mulai membuka pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) sebagai identitas resmi yang bisa digunakan anak dalam keperluan sehari-hari dalam hal  registrasi sekaligus untuk mempermudah pemerintah dalam mendata jumlah kelahiran penduduk.

BEST RAMADHAN 1ASTRA RAMADHAN 1

Kepala Disdukcapil Kobar, Agus Suparji mengatakan, pembuatan KIA sudah bisa dilakukan sejak anak usia 0 hingga maksimal umur 16 tahun.

“Syaratnya cukup mudah, orang tua cukup menyerahkan fotokopi KK, dan akte kelahiran, jika anak sudah mencapai umur 5-16 tahun, maka sertakan pula pas foto ukuran 2×3 sebanyak 1 lembar. Kalau di bawah 5 tahun tidak perlu memakai foto. Prosesnya pun lebih cepat, karena tidak menggunakan sistem online seperti pembuatan E-KTP,” kata Agus, Rabu, (07/06) pagi saat dikonfirmasi Kobar News.

BGA RAMADHAN2dprd RAMADHAN

Ia menambahkan, setiap hari ada sekitar 20 anak beserta orang tuanya yang datang untuk mengurus KIA. sehinga jika ditotal sejak dibuka pada dua minggu yang lalu, sedikitnya sudah 300an anak yang diterbitkan KIAnya oleh Disdukcapil Kobar.

Untuk meningkatkan antusias masyarakat dalam mengurus KIA di Kobar, pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai hal diantaranya sosialisasi ditingkat masyarakat hingga menerapkan pelayanan terpadu dalam kepengurusan administrasi kependudukan. dengan sistem ini maka orang tua yang mengurus akta kelahiran anak, otomatis akan langsung diterbitkan pula KIA dan KK. (Igo/One)

TINGGALKAN KOMENTAR