Harga Sembako Stabil Hingga Lebaran

0
623

IMG-20170527-WA0034

Kobar News, Pangkalan Bun – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj.Nurhidayah, Sabtu (27/05) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Indra Sari dan Tembaga Indah Kelurahan Baru, memantau harga kebutuhan pokok selama Bulan Suci Ramadhan.

Didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Kobar, Jahotler Lumban Gaol, Bupati mengecek satu per satu lapak pedagang di dua pasar sekaligus, dan dari hasil pantauan di lapangan, Bupati Kobar, Hj Nurhidayah mengatakan, harga kebutuhan pokok masih relatif stabil, ini terlihat dari harga beras, gula, dan minyak goreng yang tidak mengalami kenaikan.

Tak hanya itu, harga kebutuhan menu untuk berhuka puasa seperti daging sapi potong dan daging ayam juga masih terpantau normal.

“Hanya saja ada peningkatan harga pada jenis sayur-sayuran seperti bawang putih, yang naik sekitar 12 ribu jadi Rp. 60 ribu perkilogram dari harga yang sebelumnya hanya Rp. 48 ribu perkilogram,” kata Hj Nurhidayah disela-sela sidaknya di Pasar Tembaga Indah.

Nurhidayah menambahkan, kenaikan ini terjadi karena pasokan dari Pulau Jawa terhenti, lantaran stok sedang kosong karena permintaan konsumen yang meningkat jelang Bulan Suci Ramadhan.

“Namun informasi terakhir yang kita dapat, ada kapal dari pulau Jawa yang masuk ke Pangkalan Bun, kemungkinan juga mengangkut sembako termasuk bawang putih, mudah-mudahan bisa menormalkan lagi harga bawang di pasar kita (Kobar) ini” Kata Nurhidayah usai menggelar sidak.

Ia berharap harga sembako di Kabupaten Kotawaringin Barat bisa kembali stabil seperti biasa bahkan hingga jelang perayaan hari-hari besar seperti Idhul Fitri dan Hari Raya Idhul Adha.

Untuk kembali menstabilkan harga sembako, Bupati Kobar, Senin depan akan mengundang seluruh distributor yang ada di Kobar untuk mencari solusi permasalahan harga-harga agar bisa stabil. (Igo/One)

TINGGALKAN KOMENTAR